Dispusip-PKK DKI Jakarta Jalankan Inisiatif Keluarga Meringkas Aksara

Kamis, 12 November 2020 17:52 Aldi Geri Lumban Tobing 1221

(Foto: - Beritajakarta.id)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta bekerjasama dengan kader PKK melaksanakan Inisiatif Keluarga Meringkas Aksara (IKRA). Ini dalam rangka meningkatkan minat baca serta pengetahuan masyarakat di masa pandemi ini.

Setiap keluarga melakukan aktivitas membaca dan meringkas buku berbagai tema di rumah masing-masing

Kepala Dispusip DKI Jakarta, Wahyu Haryadi mengatakan, IKRA merupakan gerakan berbasis pada tingkatan keluarga sebagai alternatif kegiatan produktif di rumah yang berlangsung sejak Maret 2020 sampai saat ini.

"Setiap keluarga melakukan aktivitas membaca dan meringkas buku berbagai tema di rumah masing-masing, serta mendokumentasikan kegiatannya secara mandiri baik dalam bentuk foto maupun video," ujar Wahyu, Kamis (12/11).

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispusip DKI Jakarta, Suryanto menjelaskan, pihaknya meminjamkan koleksi buku kepada peserta Gerakan IKRA untuk dijadikan sebagai bahan pustaka yang dibaca dan diringkas oleh keluarga di sejumlah wilayah.

Sampai saat ini sudah 19 titik lokasi pelaksanaan IKRA tersebar di lima wilayah kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu. "Pada kuartal III ada 10 lokasi pelaksanaan IKRA, kemudian kuartal IV sembilan lokasi pelaksanaan," ucap Suryanto.

Menurutnya, selain menyediakan koleksi buku yang diinginkan oleh warga, Dispusip juga memberikan Kartu Anggota Perpustakaan bagi warga yang berpartisipasi agar dapat meminjam lebih banyak pustaka. Penyampaian dan pendistribusian buku dilakukan oleh aparatur di tingkat Kecamatan didukung kader PKK secara langsung ke rumah keluarga yang berpartisipasi.

Sebagai apresiasi atas peran serta warga dalam Gerakan IKRA, aparatur kecamatan setempat akan memberikan penghargaan kepada masyarakat sebagai motivasi.

"Setiap kelurahan kami siapkan 100 koleksi. Kami informasikan daftar koleksi buku kepada Camat dan kader PKK sebelum disampaikan kepada warga. Kemudian kader PKK menginformasikan melalui pertemuan maupun chat grup yang mereka punya. Setelah dibaca dan diringkas oleh warga nanti Camat setempat akan memberikan apresiasi," urai Suryanto.

Suryanto berharap, IKRA dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman di masyarakat, khususnya dalam menggali informasi secara cerdas oleh keluarga.

"Bahwa di masa pandemi ini kita terus berupaya melakukan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan membudayakan kegemaran membaca," tandas Suryanto.