Menikmati Teduhnya Hutan Kota Kembangan Utara

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Andry | Selasa, 28 Juli 2020 15:14 WIB | Dibaca 2096 kali
Menikmati Teduhnya Hutan Kota Kembangan Utara (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Bagi Anda yang menyukai suasana hening sambil menghirup udara bersih, tak ada salahnya berkunjung ke Hutan Kota Kembangan Utara (HKKU).

" Sebelum ada pandemi COVID-19, tempat ini selalu ramai dikunjungi warga yang ingin olahraga atau jalan santai saat akhir pekan"

Sebab, hutan kota yang berada di RT 01/08, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini sangat asri ditumbuhi ratusan pohon berukuran besar dan tinggi.

Pantauan Beritajakarta.id di lapangan, Hutan Kota Kembangan Utara nampak rimbun dan teduh dipayungi beragam pepohonan besar.

Keberadaan pohon-pohon tersebut membuat hutan kota yang memiliki luas 1,69 hektare ini layak menjadi destinasi wisata menarik saat akhir pekan.

Selain menikmati rimbunnya pepohonan, di hutan kota ini, warga juga bisa berolahraga jalan santai sekaligus mengenalkan beragam jenis pohon yang ada di lokasi. Di antaranya pohon albasia, akasia, mangium, ekaliptus, kapuk, jambu air, nangka, mangga, rambutan dan kedondong.

Suryono (47), warga setempat mengatakan, Hutan Kota Kembangan Utara ini sangat cocok menjadi tempat rekreasi dan berolahraga karena tempatnya yang teduh dipenuhi pepohonan besar.

"Sebelum ada pandemi COVID-19, tempat ini selalu ramai dikunjungi warga yang ingin olahraga atau jalan santai saat akhir pekan," ujarnya, Selasa (28/7).

Terpisah, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat, Jauhar Arifin menuturkan, selain menjadi tempat rekrerasi, Hutan Kota Kembangan Utara ini juga diperuntukan sebagai resapan air dan paru-paru kota. Hutan kota tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat edukasi bagi anak-anak yang ingin mengenal jenis-jenis pepohonan.

Ia menambahkan, meski belum dibuka untuk umum, Hutan Kota Kembangan Utara ini selalu rutin dilakukan pemeliharaan. Di areal ini, pihaknya juga menempatkan sejumlah petugas pengamanan dalam (pamdal) untuk menjaga keamanan.

"Karena COVID-19, hutan kota ini masih ditutup. Setelah dinyatakan aman, kita akan kembali buka," tandasnya.

TOP