Warga Minta Status RSUD Kepulauan Seribu Ditingkatkan

Selasa, 14 Juli 2020 13:11 Reporter : Suparni Editor : Budhy Tristanto 2524

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Warga Kepulauan Seribu melalui Dewan Kabupaten, meminta agar status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, ditingkatkan dari tipe D ke yang tipe yang ebih tinggi.

Fasilitas pelayanan pe rlu ditingkatkan, sehingga warga tak perlu lagi dirujuk ke darat untuk berobat

Menurut Dewan Kabupaten Kepulauan Seribu Utara, Ahmad Jufri, peningkatan status RSUD ini diperlukan agar bisa melayani rujukan penanganan penyakit tertentu, sehingga masyarakat tidak harus ke daratan Jakarta untuk berobat.

"Fasilitas pelayanan perlu ditingkatkan, sehingga warga tak perlu lagi dirujuk ke darat untuk berobat," ujarnya, saat audensi dengan rombongan anggota DPD RI di aula Kantor Kabupaten, Selasa (14/7).  

Selain kesehatan, lanjut Jufri, sektor transportasi juga masih menjadi kendala di Kepulauan Seribu karena belum ada angkutan reguler antar pulau yang terintegrasi.

"Saat ini, warga atau wisatawan harus keluar biaya sekitar Rp300 hingga 600 ribu untuk sewa kapal menuju pulau lain. Biaya transportasi ke darat lebh murah, karena banyak kapal reguler atau kapal ojek," tandasnya.