Kelompok Tani Pulau Payung Panen 38 Kg Kangkung

Jumat, 21 Desember 2018 13:33 Suparni 3814

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Kelompok pertanian warga Pulau Payung, Kelurahan Pulau Tidung Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan hari ini melakukan panen kangkung. Kangkung tersebut dipanen dari lahan seluas kurang lebih tiga hektar yang dibagi menjadi 25 bedeng atau blok.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu, Sutrisno mengatakan, kangkung-kangkung itu merupakan hasil pemanfaatan lahan pertanian binaan Sudin KPKP bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta.

"Hasil panen 38 Kg kangkung tersebut dipetik dari dua bedeng, hasil tanam tiga minggu lalu," ujarnya, Jumat (21/12).

Dijelaskan Sutrisno, selain kangkung pihaknya juga menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, seperti bayam, sawi, pokcoi, bayem merah, buah melon dan semangka. 

"Semua tanaman ini untuk memenuhi kebutuhan sayuran warga setempat secara mandiri," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk tanaman keras, kabupaten juga mengembangkan pohon sukun melalui gerakan seribu sukun yang nantinya dapat dipetik hasilnya oleh warga.

Pertanian di Pulau Payung ini merupakan kegiatan sampingan yang dilakukan setelah pulang dari melaut atau pada saat sedang tidak melaut, namun saat para nelayan sedang melaut, kegiatan bertani dilakukan oleh para isteri nelayan. 

"Selain bertani, kaum ibu juga mengolah sukun menjadi keripik, sehingga dapat menambah penghasilan rumah tangga," tandasnya.