Anies Targetkan LAKIP DKI Raih Penilaian AA

Jumat, 15 Desember 2017 16:40 Oki Akbar 3504

(Foto: Reza Hapiz - Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menargetkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Pemprov DKI pada 2018, mendapat penilaian AA dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI.

Review-nya, akan kita laksanakan tiga bulanan, jika ini bisa dilakukan lebih ketat maka target akan tercapai,

"Target kita tahun depan DKI mendapat kategori AA yang artinya sangat memuaskan," ujar Anies, usai memberi arahan di acara Entry Meeting Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Balai Kota Jakarta, Jumat (15/12).

Saat ini, sambung Anies, berdasarkan evaluasi KemenPAN-RB pada 2016, posisi  LAKIP DKI masih di bawah dengan nilai 60 sampai 70. 

Ditambahkan Anies, agar dapat mencapai kategori memuaskan pada 2018 nanti, dia akan memperbaiki seluruh perencanaan pembangunan, penganggaran, hingga program yang ada di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Review-nya, akan kita laksanakan tiga bulanan, jika ini bisa dilakukan lebih ketat maka target akan tercapai," katanya. 

Anies juga berharap KemenPAN-RB dan Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta dapat terus mendampingi perjalanan SAKIP yang dilakukan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Inti dari ini semua, kalau kinerja kita baik maka hasilnya dapat dirasakan masyarakat," tandasnya.