Pemprov DKI Apresiasi Pembuatan Septic Tank Komunal

Jumat, 26 Mei 2017 23:29 Rudi Hermawan 3969

(Foto: Rudi Hermawan - Beritajakarta.id)

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Oswar Muadzin Mungkasa menyambut baik pembuatan septic tank komunal di RW 02 Kelurahan Duri Utara, Tambora, Jakarta Barat oleh Plan Internasional. Dengan menciptakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) melalui proyek Bersama Perbaiki Sanitasi dan Higiene Kota (BERSIH).

Jadi menurut saya proyek uji coba ini sangat bagus, karena bisa menunjukkan kepada semua orang, bahwa kita bisa berubah

Dikatakan Oswar, sebenarnya ini merupakan skala kecil yakni sekitar 340 jiwa. Namun di DKI Jakarta saat ini yang tidak mempunyai septic tank antara 500-800 ribu rumah. Dirinya optimistis dengan septic tank komunal persoalan ini bisa selesai dalam waktu lima tahun ke depan.

"Jadi menurut saya proyek uji coba ini sangat bagus, karena bisa menunjukan kepada semua orang bahwa kita bisa berubah," ujar Oswar, usuai meninjau septic tank komunal di Duri Utara, Jumat (26/5).

Suharti (50), salah satu warga RT 11 menyambut baik pembuatan septic tank komunal. Sebelumnya saluran di belakang rumahnya ini kotor dan kumuh serta menimbulkan aroma tak sedap.

"Saya sangat berterimakasih sekali dibuatkan septic tank, ini sangat bagus," katanya.

Sekadar diketahui, di RW 02 telah dibangun dua unit IPAL komunal, empat unit septic tank silinder, satu unit septic tank tripikon dan satu unit septic tank pinastik.