Jumat, 24 Oktober 2025 Reporter: Tiyo Surya Sakti Editor: Toni Riyanto 398
(Foto: Tiyo Surya Sakti)
Sebanyak 200 produk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dipasarkan di Jumat Beli Lokal (JBL) Jakarta Selatan.
"Punya nilai dan kualitas"
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan, Sayid Ali mengatakan, JBL ini adalah ajang pemasaran produk baik secara online atau offline yang menyasar pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan dan masyarakat umum.
"JBL ini adalah produk-produk lokal yang dibuat oleh para pelaku UKM di wilayah kita yang juga punya nilai dan kualitas sama dengan produk luar. Saya minta jangan malu atau minder menggunakan produk lokal karena melalui kontribusi ini akan memberikan dampak perekonomian yang cukup baik bagi UKM," ujarnya, Jumat (24/10).
Ali mengajak lurah, camat, dan unsur lainnya di lingkungan Pemkot Jakarta Selatan untuk menyukseskan program JBL ini dengan cara mengajak kembali pengurus lingkungan, para kader, serta lainnya untuk membeli produk lokal tersebut.
"Marilah bersama-sama kita gerakan perekonomian keluarga di Jakarta Selatan dengan cara memborong produk-produk unggulan yang dipasarkan dalam Jumat Beli Lokal Jakarta Selatan ini," terangnya.
Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Selatan, Parulian Tampubolon menjelaskan, pada penyelenggaraan JBL kali ini yang dipasarkan melalui Tokopedia dan secara offline di Kantor Wali Kota setempat dan kantor pemerintahan lainnya berlangsung mulai 24-28 Oktober 2025.
"Harapan kami, semua produk yang dijual pelaku UKM ini laku terjual semuanya hingga tembus transaksi sesuai target lebih dari Rp 100 juta," tandasnya.