Inspektorat - KPK Gelar Implementasi Pendidikan Antikorupsi di Pemkot Jakpus

Rabu, 22 Mei 2024 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 465

Inspektorat - KPK Gelar Bimtek Pendidikan Antikorupsi di Pemkot Jakpus

(Foto: Istimewa)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan KPK RI melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Pendidikan Antikorupsi di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (22/5).

untuk memerangi korupsi diberbagai sektor

Bimtek ini diikuti oleh sebanyak 50 peserta yang terdiri dari Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Pusat dengan mengundang narasumber Dosen Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Ganjar Laksmana Bonaprapta.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Chaidir mengatakan, korupsi adalah tantangan besar yang dihadapi oleh setiap negara termasuk Indonesia. Menurutnya, praktik korupsi tidak hanya merugikan secara finansial, tetapi juga merusak integritas, kepercayaan dan keadilan dalam masyarakat.

“Oleh karena itu, diperlukan upaya secara terus menerus dan berkelanjutan, terutama pendidikan antikorupsi untuk memerangi korupsi diberbagai sektor,” ujar Chaidir.

Ia menjelaskan, Bimbingan Teknis Implementasi Pendidikan Antikorupsi ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang praktik-praktik antikorupsi, serta memberikan strategi efektif untuk pencegahan dan penanganan korupsi di lingkungan kerja masing-masing.

“Diharapkan setelah mengikuti bimtek ini kita dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dengan sungguh perubahan sungguh dan menjadi agen dalam pencegahan korupsi,” ucapnya.

Chaidir mengatakan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat terus berkomitmen menyelenggarakan pendidikan antikorupsi kepada satuan pendidikan dan ASN di Pemkot Jakarta Pusat melalui kegiatan pembiasaan, penyampaian materi dalam mata pelajaran dan pemberian contoh keteladanan.

“Diharapkan, seluruh pejabat administrator di Pemkot Jakarta Pusat menjadikan bimtek ini sebagai persiapan untuk mengajarkan nilai-nilai budaya antikorupsi ke satuan pendidikan melalui ‘Gerakan Pejabat Mengajar’, sekaligus menjadi role model budaya antikorupsi di lingkungan kerja masing-masing,” kata Chaidir.

Sementara itu, Inspektur Pembantu Wilayah Kota (Irbanko) Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat, Nirwan Nawawi mengatakan, kejahatan korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang berdampak pada segala aspek. Untuk itu, terdapat tiga strategi pemberantasan korupsi yaitu, pendidikan, pencegahan dan penindakan.

Ia menyampaikan, dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 dunia pendidikan berperan penting dan strategis dalam menciptakan pribadi unggul, berkarakter dan berintegritas.

“Untuk itu, budaya antikorupsi sangat penting ditanamkan sejak dini, demi menyiapkan generasi penerus pembangunan Indonesia,” ungkapnya.

Ia menilai, dengan banyaknya stakeholder yang terlibat dalam pembelajaran antikorupsi di satuan pendidikan tersebut diharapkan ini akan menjadi sebuah Gerakan Antikorupsi sebagai salah satu upaya membangun nilai integritas dan kesadaran bersama melalui komitmen antikorupsi di dalam diri setiap peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan ASN sebagai perwujudan budaya antikorupsi di Provinsi DKI Jakarta.

“Karena budaya antikorupsi ini tidak semata-mata tanggungjawab Pemerintah tetapi merupakan tanggungjawab seluruh pihak. Pada akhirnya dengan Gerakan Pendidikan Antikorupsi ini, diharapkan terwujudnya budaya antikorupsi di setiap sendi kehidupan,” tandasnya.

BERITA TERKAIT
Pj. Gubernur Heru Berkomitmen Implementasikan Antikorupsi di Dunia Pendidikan

Pj Gubernur Heru Komitmen Implementasikan Antikorupsi di Dunia Pendidikan

Selasa, 06 Februari 2024 6494

Pj Gubernur Heru Apresiasi Pelibatan Lingkungan Pendidikan dalam Pencegahan Korupsi

Pj Gubernur Heru Apresiasi Pelibatan Lingkungan Pendidikan dalam Pencegahan Korupsi

Rabu, 13 Desember 2023 6512

BERITA POPULER
Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Dishub Gandeng Waze Luncurkan Fitur Navigasi Ganjil Genap

Kamis, 19 Oktober 2017 306748

90 Sanggar Betawi Belum Punya Badan Hukum

90 Sanggar Betawi Belum Punya Badan Hukum

Jumat, 10 Juli 2015 284632

 Libur Natal, 36.871 Pengunjung Padati TMII

TMII Dipadati Pengunjung

Jumat, 25 Desember 2015 283621

 4500 Warga Ramaikan Karnaval KBT

Karnaval KBT Dipadati Ribuan Warga

Minggu, 30 Agustus 2015 282315

Siswa di Jakut Tebarkan Optimistis Sintas COVID 19 Melalui Puisi

Siswa di Jakut Tebar Optimistis di Tengah COVID- 19 Melalui Puisi

Rabu, 15 April 2020 260226

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks