Kelompok Tani Perkotaan di Jagakarsa Panen 360 Kilogram Sayuran Hidroponik

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 15 Oktober 2020 13:00 WIB | Dibaca 1313 kali
Kelompok Tani Perkotaan di Jagakarsa Panen 360 Kilogram Sayuran Hidroponik  (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Kelompok Petani Kota ErteLima Farm, Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (15/10), melakukan panen 360 kilogram sayuran hidroponik jenis pakcoy, selada dan sawi.

" Kami akan bantu untuk pemasarannya ke supermarket di wilayah Jagakarsa,"

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan, Hasudungan mengatakan, ini merupakan panen kedua yang dilakukan kelompok tani binaan yang berlokasi di Jalan Belimbing, RT 08/07, Kelurahan Jagakarsa.

"Kelompok tani ini didirikan sejak empat bulan lalu dengan menempati lahan seluas sekitar 100 meter persegi," jelas Hasudungan.

Menurut dia, sayuran hidroponik yang dihasilkan dari kelompok tani ini memiliki kualitas cukup baik dan layak untuk dipasarkan ke pasar modern.

"Kami akan bantu untuk pemasarannya ke supermarket di wilayah Jagakarsa," ucapnya.

Ahmad Syarif (41) pendamping Poktan Kota ErteLima Farm menajelaskan, 360 kilogram sayuran hidroponik yang dipanen kali ini terdiri dari 60 kilogram sawi, 60 kilogram pakcoy dan sisanya 240 kilogram sayuran selada.

Untuk harga jual, terang Ahmad, sayuran sawi Rp 16.000 per kilogram, pakcoy Rp 18.000 per kilogram dan selada Rp 20.000 per kilogram.

"Saat ini hasil panen kami jual pada warga sekitar," tandasnya.

TOP