33 IKM di Jakbar Ikuti Webinar Pelatihan Kreasi Ecoprint

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : F. Ekodhanto Purba | Kamis, 24 September 2020 23:14 WIB | Dibaca 635 kali
33 IKM di Jakbar Ikuti Webinar Pelatihan Kreasi Ecoprint (Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Sudin Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Barat dan Langit Boutique hari ini menggelar webinar pelatihan kreasi ecoprint pada media kain.

" Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam memberikan motif pada kain agar lebih menarik,"

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 33 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) binaan Sudin PPKUKM yang tersebar di delapan kecamatan yang ada di Jakarta Barat.

Kepala Sudin PPKUKM Jakarta Barat, Nuraini Sylviana mengatakan, materi kreasi ecoprint pada media kain ini disampaikan langsung oleh owner dari Langit Boutique, Aviv Nanda.

Ecoprint sendiri merupakan metode atau cara yang digunakan untuk memberikan motif pada kain yang berasal dari pigmen ( zat warna) pada daun ataupun tumbuhan menggunakan teknik pounding (dipukul).

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam memberikan motif pada kain agar lebih menarik,” ujarnya, Kamis (24/9).

Dijelaskan Nuraini, pelatihan ini dipilih karena para peserta bisa mengaplikasikannya pada produk baju, pasmina, kerudung, masker dan juga tas agar bisa menambah nilai jual.

Tidak hanya itu, saat ini produk-produk tersebut sangat digemari berbagai kalangan baik anak-anak sampai dengan dewasa untuk menunjang penampilan sehari-hari.

“Selain para peserta bisa lebih kreatif dan inovatif, pelatihan ini juga diharapkan bisa menambah tumbuh kembangnya wirausaha baru semacam ini,” tandasnya.

TOP