Sylviana Murni: Saefullah Sosok Birokrat Cerdas dan Pekerja Keras

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Andry | Senin, 21 September 2020 18:50 WIB | Dibaca 518 kali
Sylviana Murni: Saefullah Sosok Birokrat Cerdas dan Pekerja Keras (Foto : / Beritajakarta.id)

Sosok almarhum Saefullah sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta dan seorang birokrat selama ini meninggalkan kenangan tersendiri bagi banyak orang.

" Saya mengenal beliau adalah sosok orang yang sangat tawadhu dengan siapapun"

Salah satunya Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari DKI Jakarta, Sylviana Murni. Wanita yang akrab disapa Sylvi ini menilai, Saefullah merupakan sosok yang sangat tawadhu (rendah hati) namun memiliki kredibilitas dan kapabilitas begitu kompeten.

"Saya mengenal beliau adalah sosok orang yang sangat tawadhu dengan siapapun," ujar Silvi usai mengikuti Acara Takziah almarhum Saefullah yang digelar secara virtual, Senin (21/9)

Sylvi juga melihat Saefullah sebagai sosok yang sangat berbakti dan menghormati kedua orang tuanya. Sifat itulah yang diyakini bisa membuat almarhum menjadi orang hebat hingga akhir hayatnya.

"Saya sangat tahu betapa beliau sangat menghormati kedua orang tuanya. Dan saya menyaksikannya sendiri karena sering kali mampir ke rumah beliau," katanya.

Ia bercerita, perkenalannya dengan Saefullah dimulai sejak 15 tahun lalu ketika dipercaya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI Jakarta. Sementara almarhum kala itu masih bertugas menjadi Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Barat.

"Beliau meniti karir dari bawah dengan kesabaran, keikhlasan dan selalu memberikan hasil kerja yang terbaik," tuturnya.

Menurut Sylvi, Saefullah merupakan sosok birokrat yang cerdas dan pekerja keras. Berkat kegigihannya itu, karir almarhum merangkak naik dari Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Barat, Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) hingga Sekda DKI Jakarta.

"Saya ingat betul cerita beliau ketika ikut membajak sawah orang tuanya sampai akhirnya menjadi seorang yang luar biasa," akunya.

Sylvi pun menganggap Saefullah sebagai sosok yang sangat profesional dan loyal terhadap pimpinan. Dalam pergaulan, almarhum juga dikenal tidak pernah memilah dan memilih teman mulai dari pengurus RT, tokoh masyarakat, tokoh agama hingga pejabat negara.

"Semoga keteladanan beliau dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh putra putri Betawi, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat," tandasnya.

TOP