Kelurahan Rorotan Gelar Rakor Penanganan COVID-19

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Andry | Senin, 24 Agustus 2020 19:06 WIB | Dibaca 853 kali
Kelurahan Rorotan Gelar Rakor Penanganan COVID-19 (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara menggelar rapat koordinasi (rakor) evaluasi penanganan COVID-19 tingkat RW dan kelurahan. 

" Makanya sebagai pembuka kepala puskesmas memberikan paparan tentang protokol kesehatan"

Selain mengevaluasi pelaksanaan dan pengawasan protokol kesehatan, dalam kegiatan ini juga dibahas sejumlah isu strategis kondisi kekinian di wilayah terkait pandemi. 

Lurah Rorotan, Idgham Mugabe mengatakan, penanganan COVID-19 harus dievaluasi berkala untuk mengantisipasi penyebarannya. Karena itu, penyamaan persepsi antara jajaran kelurahan, kesehatan dan perangkat masyarakat tingkat RW harus diselaraskan. 

"Makanya sebagai pembuka kepala puskesmas memberikan paparan tentang protokol kesehatan. Lalu kami dari pihak kelurahan melakukan tanya jawab," ujarnya, Senin (24/8). 

Ia melanjutkan, dalam dialog ini dibahas pula beberapa isu strategis terkait penanganan warga yang Positif COVID-19 dan isolasi mandiri di rumah. Kemudian membangun dukungan dari warga sekitar terhadap pasien positif COVID-19.

"Ketua RW selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 tingkat RW juga harus memahami kondisi perkembangan COVID-19 di wilayah," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Rorotan, Nani menambahkan, dalam dialog ini juga didorong agar setiap pengurus RW dan RT bisa memahami peran serta fungsinya di tengah pendemi. Sehingga penanganan COVID-19 di wilayah Rorotan bisa dipastikan terlaksana dengan baik. 

"Kemudian kita juga mendorong pembentukan kader di setiap rumah tangga sesuai dengan Surat Edaran Gubernur," tandasnya. 

TOP