Dinas KPKP Uji Produk di Pasar Ikan Modern Muara Baru

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Rio Sandiputra | Selasa, 18 Agustus 2020 10:00 WIB | Dibaca 740 kali
Dinas KPKP Uji Produk di Pasar Ikan Modern Muara Baru (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan uji 40 sampel produk yang dijual oleh pedagang Pasar Ikan Modern Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Hasilnya 100 persen bebas dari formalin "

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, Pasar Ikan Modern Muara Baru merupakan salah satu pasar grosir ikan di Jakarta selain Pasar Grosir Muara Angke. Kegiatan pengawasan ini dilakukan untuk menjamin peredaran hasil perikanan di Pasar Muara Baru aman dari bahan berbahaya seperti formalin.

"Pengawasan dan pemeriksaan berupa pengambilan sampel hasil perikanan. Berdasarkan 40 sampel yang diambil, dan dilakukan uji formalin. Hasilnya 100 persen bebas dari formalin," ujarDujar  Selasa (18/8).

Darjamuni menuturkan, pengawasan dan pemeriksaan hasil perikanan di lokasi ini dilakukan secara kontinyu untuk memberi rasa aman bagi warga Jakarta yang berbelanja dan mengunjungi Pusat Jajanan Serba Ikan (Food Court) di lokasi tersebut.

Masyarakat pun diimbau lebih mengenal ciri-ciri ikan segar. Seperti warna insang merah, mata jernih menonjol dan cembung, warna kulit terang dan cerah, sisik ikan masih segar dan kuat mengkilat, daging kenyal jika ditekan, sirip kuat, serta kulit dan daging tidak mudah robek.

"Pengawasan dan pemeriksaan yang kami lakukan secara kontinyu sebagai bentuk komitmen dalam menjamin keamanan pangan warga Jakarta selama pandemi covid-19," tandas Darjamuni.

TOP