Tes Rapid Digelar di Kampung Sumur Klender

Reporter : Nurito | Editor : Erikyanri Maulana | Selasa, 04 Agustus 2020 12:44 WIB | Dibaca 766 kali
Tes Rapid Digelar di Kampung Sumur Klender (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

170 warga RW 10 Kampung Sumur, Kelurahan Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur mengikuti tes rapid, Selasa (4/8). Tes rapid digelar oleh Puskesmas Kecamatan Duren Sawit bekerja sama dengan Yayasan Suara Peduli untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

"Jika dari tes diketahui hasilnya reaktif maka akan dilanjutkan dengan tes swab di puskesmas, "

Kepala Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Rita Wedya Astuti mengatakan, kawasan Kampung Sumur saat ini masuk dalam kategori zona kuning. Meski demikian tes rapid perlu dilakukan mengingat kebanyakan warga Kampung Sumur berprofesi sebagai pemulung yang setiap hari selalu mobile dan berinteraksi dengan banyak orang.

"Hasil tes baru akan diketahui sore nanti. Jika dari tes diketahui hasilnya reaktif maka akan dilanjutkan dengan tes swab di puskesmas," ujar Rita.

Menurutnya, dalam layanan tes rapid ini pihaknya melakukan screening integrasi atau mendeteksi virus lainnya, sehingga ada juga pemeriksaan kesehatan lain seperti pemeriksaan penyakit tidak menular, HIV hingga Hepatitis C.

Zainal Abidin (62), salah seorang peserta mengaku sangat terbantu dengan tes rapid secara gratis tersebut.

"Sangat terbantu karena kita tidak perlu datang ke puskesmas, petugasnya yang mendatangi warganya langsung dan gratis," tandasnya.

TOP