Anggota Komisi A DPRD DKI Bantu Poktan Warga Pela Mampang

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 23 Juli 2020 19:35 WIB | Dibaca 680 kali
Anggota Komisi A DPRD DKI Bantu Poktan Warga Pela Mampang (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, August Hamonangan menyerahkan bantuan disinfektan, bibit tanaman toga, dan masker kepada warga RT 09/07, Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (23/7).

"Kesehatan dengan ekonomi itu harus berjalan beriringan "

Pantauan Beritajakarta.id, bantuan diterima secara simbolis oleh Ketua RT 07/09 Esty Kurnia, disaksikan Wakil Camat Mampang Prapatan, Robert Tobing; Kasatpel KPKP Kecamatan Mampang Prapatan, Ferry Sukasmi; Lurah Pela Mampang, Yunainah; anggota Karang Taruna dan FKDM.

Setelah itu, August bersama aparatur setempat melakukan penanaman tanaman toga di sebuah lahan kosong yang berada di tengah permukiman warga.

August mengatakan, bantuan bibit tanaman toga ini mendukung program pertanian perkotaan supaya semakin berkembang, serta mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat khususnya sayuran yang sehat, segar, bermutu dan aman dikonsumsi.

"Dari bibit yang diberikan tadi selain untuk mendukung pangan keluarga dan keasrian lingkungan, tapi bisa diproduksi kemudian dijual. Karena Kelompok Tani (Poktan) Kelurahan Pela Mampang salah satu yang aktif," ungkap August.

August mendorong SKPD/UKPD maupun aparatur setempat untuk terus memberikan pelatihan dan pendampingan kepada warga khususnya poktan di Kelurahan Pela Mampang seperti teknik pemasaran dan kemasan produk hasil pertanian perkotaan.

"Perekonomian bisa diawali dengan pembentukan Poktan yang sudah ada di Pela Mampang, harus ditingkatkan lagi produknya tidak hanya di sekitar Pela Mampang. Kalau bisa diikutsertakan kalau ada bazar," kata August.

August menambahkan, pemberian disinfektan dan masker dalam rangka pencegahan penularan Covid-19, serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan.

"Kesehatan dengan ekonomi itu harus berjalan beriringan. Di tengah pandemi Covid-19, kegiatan urban farming khususnya tanaman toga bisa menjadi pilihan. Apabila panen bisa dikonsumsi untuk menunjang kesehatan warga, tapi juga bisa diproduksi untuk dijual," urai August.

Ketua RT 09/07, Esty Kurnia menyambut baik dukungan serta perhatian anggota DPRD DKI Jakarta melalui bantuan yang diberikan.

"Kami berterima kasih anggota DPRD yang telah memberikan bantuan seperti disinfektan untuk disinfeksi fasilitas dan tempat umum karena memang harganya lumayan. Untuk tanaman toga bisa untuk konsumsi warga dan mensejahterakan warga lewat perputaran ekonomi dari hasil produksi," tandas Esty.

TOP