Anggota Komisi A Dukung Pembudidayaan Madu Lebah Trigona

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Andry | Rabu, 01 Juli 2020 18:26 WIB | Dibaca 768 kali
Anggota Komisi A Dukung Pembudidayaan Madu Lebah Trigona (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, August Hamonangan mengunjungi Kelompok Tani Hutan (KTH) Manunggal Giri di lingkungan RT 03/07, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

" Kami sangat mendukung usaha yang dilakukan KTH Manunggal Giri. Karena budidaya ini sangat berguna dalam menambah keanekaragaman jenis ketahanan pangan"

Dalam kunjungan itu, August melihat secara langsung proses pemisahan koloni lebah trigona yang dibudidayakan KTH Manunggal Giri di lokasi.

"Kami sangat mendukung usaha yang dilakukan KTH Manunggal Giri. Karena budidaya ini sangat berguna dalam menambah keanekaragaman jenis ketahanan pangan," ujarnya, Rabu (1/7).

August juga sempat mencoba rasa madu dari lebah trigona sebelum melihat proses pemisahan yang dibagi menjadi lima setup koloni (sarang). Setiap setup koloni terdiri dari 300 ekor lebah trigona.

"Madunya memiliki rasa yang khas. Ada asam dan manis. Meskipun belum diolah, rasanya enak bagi lidah orang awam. Kebetulan saat ini sedang percobaan panen sebanyak satu liter madu," jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Sugeng Santoso menambahkan, proses pembudidayaan lebah trigona memiliki jadwal panen sekali dalam enam bulan dengan hasil satu liter sekali panen dari satu koloni.

"Pertama kali kita panen pada 5 Juni lalu dan yang kedua hari ini. Harapannya setelah pemecahan koloni, kita bisa memanen lima liter madu lagi dalam waktu enam bulan," tandasnya.

TOP