Dinas KPKP Pantau Stok dan Harga Bahan Pangan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Erikyanri Maulana | Kamis, 04 Juni 2020 15:35 WIB | Dibaca 442 kali
Dinas KPKP Pantau Stok dan Harga Bahan Pangan (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan pemantauan ketersediaan dan harga sebelas bahan pangan di lima wilayah kota secara serentak, Kamis (4/6). Kegiatan ini menyasar pasar modern maupun pasar tradisional yang dikelola oleh Perumda Pasar Jaya.

"Monitoring ini memastikan dan menjamin bahwa di daerah baik kabupaten maupun kota semua bahan pangan tersedia, "

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, pemantauan ini menindaklanjuti arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI dalam rangka menjamin ketersediaan dan stabilitas harga sebelas bahan pangan.

Adapun bahan pangan yang dipantau yakni beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, minyak goreng, gula pasir, bawang putih, bawang merah, cabai besar, cabai rawit merah, dan jagung.

"Monitoring ini memastikan dan menjamin bahwa di daerah baik kabupaten maupun kota semua bahan pangan tersedia. Kalau ada yang keterbatasan kita saling mengisi. Monitoring ini memberikan semacam informasi mana daerah yang kekurangan mana yang surplus sehingga diharapkan semua warga Indonesia tidak kekurangan pangan," ujar Darjamuni.

Berdasarkan hasil pemantauan, ketersediaan sebelas bahan pangan di Jakarta masih aman dan harganya relatif terkendali. Menurutnya, terjadi kenaikan harga bawang merah dan gula pasir namun tidak signifikan.

"Gula pasir impornya sudah mulai masuk mudah-mudahan stoknya bertambah. Kalau bawang merah memang dari daerah asal terbatas tapi insya Allah normal kembali," kata Darjamuni.

Darjamuni menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir karena ketersediaan bahan pangan di Jakarta aman dan harga terkendali.

"Laporan dari semua wilayah, sebelas komoditas pangan strategis tersedia dan cukup melimpah sehingga masyarakat tidak perlu panik," tandas Darjamuni.

Adapun lokasi pemantauan ketersediaan dan harga sebelas bahan pangan di lima wilayah kota yakni, Pasar Benhil, dan Carrefour Duta Merlin Harmoni di Jakarta Pusat. Kemudian Pasar Slipi dan Hypermart Kalideres di Jakarta Barat.

Kemudian Pasar Tebet Barat dan Swalayan Gelael Tebet di Jakarta Selatan. Selanjutnya, Pasar Jatinegara dan Lulu Swalayan Cakung di Jakarta Timur dan Pasar Koja Baru serta Lotte Mart Kelapa Gading di Jakarta Utara.

TOP