Perpustakaan Kepulauan Seribu Tetap Layani Jasa Peminjaman Buku Via Online

Reporter : Suparni | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 02 Juni 2020 12:04 WIB | Dibaca 280 kali
Perpustakaan Kepulauan Seribu Tetap Layani Jasa Peminjaman Buku Via Online (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Dalam upaya mendukung program belajar jarak jauh selama pandemi COVID-19, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Kepulauan Seribu tetap melayani jasa peminjaman buku bacaan bagi siswa dan orang tua melalui sistem online.

"Warga atau siswa cukup mengirimkan judul buku dan pengarangnya, petugas akan mengirimkan sesuai pesanan "

Kepala Seksi Perpustakaan dan Kearsipan Sudin Pusip Kabupaten Kepulauan Seribu, Cecep Suryadi mengatakan, untuk mendapatkan buku-buku yang diinginkan warga atau siswa bisa memesan via WA kepada petugas di setiap pulau permukiman yang nomornya telah disebar. Selanjutnya, petugas akan mengirimkan buku-buku sesuai pesanan peminjaman.

"Warga atau siswa cukup mengirimkan judul buku dan pengarangnya, petugas akan mengirimkan sesuai pesanan," ujarnya, Selasa (2/6).

Menurutnya, untuk informasi buku bacaan dan buku-buku cerita, petugas perpustakaan akan meng-update informasi judul buku beserta sinopsisnya melalui instagram dan facebook perpustakaan di @perpustakaankep.seribu dan melalui Facebook di Perpustakaan Kepulauan Seribu.

"Kita akan berlakukan ini hingga benar-benar kondisi normal kembali," terangnya.

Selain layanan peminjaman buku sistem online, lanjut Cecep, perpustakaan juga masih memberikan layanan mendongeng seru melalui sosmed setiap hari yang dilakukan oleh petugas perpustakaan dan petugas RPTRA dalam bentuk video, serta men-share kembali video-video wisata virtual yang dilakukan lokasi wisata Ancol, Dufan dan Taman Margasatwa Ragunan.

"Ini semata-mata untuk memberikan hiburan dan pengetahuan selain dengan membaca buku tanpa harus datang ke taman baca atau ke perpustakaan," tandasnya.

TOP