Pedagang Pasar Perumnas Klender Jalani Rapid Test

Reporter : Nurito | Editor : Erikyanri Maulana | Jumat, 22 Mei 2020 14:52 WIB | Dibaca 411 kali
Pedagang Pasar Perumnas Klender Jalani Rapid Test (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sebanyak 20 pedagang Pasar Perumnas Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, hari ini menjalani rapid test Coronavirus Disease (COVID-19). Ini dilakukan menyusul adanya dua pedagang yang diduga positif dari hasil swab yang sehari sebelumnya dilakukan pihak rumah sakit.

"Ada 20 pedagang di Pasar Perumnas Klender yang menjalani rapid test dan sekaligus pemeriksaan swab, "

Kepala Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Rita Wedya Astuti mengatakan, kedua pedagang yang diduga positif COVID-19 saat ini sudah dirujuk ke RS Darurat Wisma Atlet dan RSUK Duren Sawit. Untuk mengetahui apakah masih ada yang terpapar atau tidak, pihaknya melakukan rapid test terhadap pedagang yang telah melakukan kontak dengan dua orang yang diduga positif tersebut.

"Ada 20 pedagang di Pasar Perumnas Klender yang menjalani rapid test dan sekaligus pemeriksaan swab. Ini untuk mengetahui apakah ada pedagang yang terpapar COVID-19 atau ridak," ujar Rita, Jumat (22/5).

Menurutnya, hasil dari rapid test ini dua pedagang dinyatakan reaktif. Namun untuk mengetahui apakah keduanya positif terpapar COVID-19, menunggu hasil dari pemeriksaan swab yang baru keluar tiga hari kemudian.

Ditambahkan Rita, sedianya ada 30 pedagang yang menjalani rapid test hari ini. Namun pihaknya baru memeriksa 20 pedagang karena mereka kontak langsung dengan dua orang yang positif COVID-19. Sedangkan 10 pedagang lainnya, tidak kontak secara langsung dengan dua pedagang yang positif COVID-19 karena lapak/kiosnya berjauhan. Namun 10 pedagang tersebut nantinya akan dilakukan rapid test dan swab. Adapun 30 nama pedagang itu didapat dari hasil penelusuran tim medis di lapangan.

TOP