Warga Rawa Bunga Diedukasi Pencegahan Virus Corona

Reporter : Nurito | Editor : Erikyanri Maulana | Selasa, 10 Maret 2020 18:12 WIB | Dibaca 1725 kali
Warga Rawa Bunga Diedukasi Pencegahan Virus Corona (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Ratusan warga Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, diedukasi tentang pencegahan virus corona atau Corona Virus Disaese (COVID-19) yang digagas kelurahan bekerja sama dengan puskesmas setempat.

"Dari sosialisasi ini diharapkan dapat disebarluaskan ke warga lainnya, "

Tak hanya diberikan sosialisasi, warga juga diajak melakukan praktik serta melakukan simulasi gerakan mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar.

Lurah Rawa Bunga, Agustina mengatakan, kegiatan ini diikuti 150 peserta yang merupakan pengurus RT/RW, LMK, kader PKK, FKDM dan karang taruna.

"Kami ingin meberikan ketenangan pada masyarakat agar meningkatkan imunitas. Dari sosialisasi ini diharapkan dapat disebarluaskan ke warga lainnya," ujar Agustina, Selasa (10/3).

Upaya lain yang dilakukan yakni dengan menyediakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan di kantor kelurahan serta RPTRA.

Kepala Puskesmas Kelurahan Rawa Bunga, Sisu Dianty mengatakan, adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah cara pencegahan dan penanganan.

"Menyentuh mulut atau hidung tanpa cuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang terkontaminasi air liur penderita corona, juga dapat memicu penularan virus corona. Virus corona ini lebih berbahaya bagi orang usia lanjut, ibu hamil, orang yang sedang sakit dan yang daya tahan tubuhnya lemah," kata Susi.

Ditambahkan dia, untuk pencegahan sebetulnya dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah dan sederhana. Seperti dengan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), cuci tangan dengan air mengalir dan sabun antiseptik.

Kemudian, menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin, menggunakan masker jika batuk dan flu serta mengurangi aktivitas di luar ruangan.

"Asupan makanan yang bergizi juga harus dicukupi," tandasnya.

TOP