DWP-Dinas Kominfotik Selenggarakan Seminar Ketahanan keluarga

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 04 Maret 2020 16:28 WIB | Dibaca 538 kali
DWP-Dinas Kominfotik Selenggarakan Seminar Ketahanan keluarga (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta mengadakan seminar terkait ketahanan keluarga yang mengangkat tema "Pola Komunikasi yang Efektif dengan Anak di Era Digital" di Ruang Strategic Communication Center, Blok F Gedung Balai Kota DKI Jakarta.

" Mengurangi penggunaan gadget"

Wakil Ketua I DWP Provinsi DKI Jakarta, Yudhi Catur mengatakan, seminar ini sangat penting untuk mewujudkan ketahanan keluarga di era digital saat ini.

"Kita mengimbau agar ibu-ibu mendidik anaknya untuk mengurangi penggunaan gadget. Sebab, kalau berlebihan memakai gadget dikhwatirkan mereka akan menjadi pribadi menyendiri dan kurang berkomunikasi dengan orang tua maupun anggota keluarga lainnya," ujarnya, Rabu (4/3).

Ia berharap, anggota DWP DKI Jakarta betul-betul dapat mengimplementasikan materi yang yang sudah didapat dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami juga ingin mereka juga bisa melakukan transfer knowledge kepada warga, khsusunya di sekitar lingkungan tinggalnya," terangnya.

Sementara itu, salah seorang narasumber, Ida S Widayanti menuturkan, di era digital saat ini komunikasi antara orang tua dan anak semakin terkikis dan tidak terjalin dengan baik karena masing-masing sibuk menggunakan gadget yang berlebihan.

"Anak-anak sekarang lebih banyak curhat di media sosial. Untuk mendapatkan hiburan mereka lebih memilih main game atau nonton Youtube," terangnya.

Menurutnya, para peserta seminar juga perlu memahami, agar anak-anak bisa tergerak melakukan sesuatu perlu diberikan arahan dengan kata-kata yang baik. Kita harus bisa membuat keluarga yang utuh, harmonis, dan bahagia.

"Perlu cara, intonasi, yang menyenangkan agar mereka tergerak melakukan hal-hal positif. Kita harus antisipasi anak-anak menggunakan gadget berlebihan yang bisa berakibat tidak dekat dengan keluarga," ungkapnya.

Salah seorang peserta seminar dari DWP Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta, Nawang mengungkapkan, seminar ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan ibu-ibu anggota DWP yang lain.

"Kami ini yang banyak di rumah, seminar ini banyak memberikan tambahan pengetahuan tentang pola asuh anak dalam mewujudkan ketahanan keluarga," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam seminar tersebut juga sekaligus dilakukan sosialisasi terkait  Sensus Penduduk Tahun 2020 dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta. Bertindak sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS DKI Jakarta, Dewi Kundalini.

TOP