Warga Kepulauan Seribu Diimbau Kembali Giatkan PSN

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Kamis, 06 Februari 2020 16:04 WIB | Dibaca 466 kali
Warga Kepulauan Seribu Diimbau Kembali Giatkan PSN (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Memasuki musim penghujan, Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu mengimbau agar warga kembali menggiatkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

" Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi sekaligus mencegah serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti,"

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Herwin Meifendi mengatakan, hal tersebut disampaikan pihaknnya melalui petugas Puskesmas kepada kader-kader kesehatan dan Jumantik yang ada di wilayah Kepulauan Seribu.

"Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi sekaligus mencegah serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti," ujarnya, Kamis (6/2).

Menurutnya, para kader kesehatan dan Jumantik tidak hanya dibekali alat dan teknis kerja tetapi juga ilmu pengetahuan akan bahayanya nyamuk penyebar wabah DBD serta cara pencegahannya.

"Salah satunya kita bekali juga pengetahuan 3M-plus atau menguras, menutup, menimbun dan mendaur ulang sampah untuk diteruskan kepada warga saat PSN," terangnya.

Ditambahkannya, melalui PSN yang disertai kerja bakti dan menerapkan 3M-plus diyakini dapat mencegah perkembangbiakan nyamuk dan penyakit DBD.

"Lebih baik kan mencegah sebelum mengobati," tandasnya.

TOP