Dinas KPKP Panen 220 Ton Padi di Rorotan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 22 Januari 2020 17:25 WIB | Dibaca 601 kali
Dinas KPKP Panen 220 Ton Padi di Rorotan (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni memimpin panen padi di RW 08 Jalan Karang Kendal, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Hasilnya, sebanyak 220 padi berhasil dipanen dari lahan seluas kurang lebih 37 hektare.

"Kami merasa bangga sekali, "

Darjamuni mengatakan, padi yang dipanen merupakan varietas Invari 30, Inpari Sidenuk, dan Ciherang. Panen ini menjadi bukti bahwa masih ada pertanian di Jakarta dan bisa memberikan hasil yang baik.

"Kami merasa bangga sekali. Selain ini menjadi tempat mencari nafkah bagi para petani, kami ingin sawah ini bisa terus ada dan menjadi warisan untuk generasi penerus," ujarnya, Rabu (22/1).

Darjamuni menjelaskan, pada kesempatan yang sama, Dinas KPKP juga menyerahkan bantuan benih padi kepada petani yang terkena dampak banjir pada awal tahun 2020  di wilayah Jakarta Utara. Bantuan diberikan kepada Kelompok Tani (Poktan) Maju Bersama, Karang Tengah Jaya, Sumber Abadi, dan Poktan Nagrak.

"Kelompok ini yang memudahkan kami untuk berkomunikasi dan berkoordinasi baik terkait pembinaan maupun pemberian bantuan. Mudah-mudahan bantuan ini bisa dimanfaatkan secara optimal," terangnya.

Menurutnya, bantuan benih padi yang diberikan untuk wilayah Jakarta Utara sebanyak 400 kilogram terdiri dari varietas Mekongga dan Ciherang masing-masing 200 kilogram.

"Dinas KPKP juga memberikan bantuan bagi petani di Jakarta Barat yang terdampak banjir. Rinciannya, Kelompok Tani Java Indah sebanyak 350 kilogram terdiri dari varietas Ciherang 250 Kilogram dan Mekongga 100 kilogram," tandasnya.

TOP