Asyiknya Bermain di Rumah Pohon Taman Kompleks Kebersihan Cengkareng

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 20 Januari 2020 18:40 WIB | Dibaca 1327 kali
Asyiknya Bermain di Rumah Pohon Taman Kompleks Kebersihan Cengkareng (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Saat kecil, banyak dari kita yang membayangkan indahnya memiliki rumah pohon. Seperti di film-film, rumah pohon kerap menjadi tempat persembunyian dan berkumpul bersama teman-teman.

"Rumah pohon juga dapat melatih anak-anak untuk berani naik dan melintas di ketinggian, "

Namun hal itu kini bisa dilihat dan dinikmati oleh anak-anak di Taman Kompleks Kebersihan, Jalan Kemuning Raya, RT 05/05, Kelurahan Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kreativitas PJLP Sudin Kehutanan Jakarta Barat yang ditugaskan mengelola taman tersebut, mewujudkan mimpi sebagian anak-anak untuk merasakan memiliki rumah pohon. Kayu-kayu sisa pemangkasan pohon, disusun menjadi rumah dan jembatan yang menghubungkan antar pohon di taman tersebut.

Tinggi bangunan ini hanya sekitar dua meter, dengan lebar jembatan satu meter dan panjang bangunan sekitar 30 meter. Agar aman dilewati, sisi-sisi jembatan dan rumah pohon dibuat pagar pengaman dengan tinggi sekitar satu meter.

Mohammad Yaman (43) Petugas PJLP Sudin Kehutanan Jakarta Barat yang bertugas merawat dan membersihkan taman mengatakan, keberadaan rumah pohon di taman itu sudah hampir dua bulan.

"Dengan adanya rumah pohon banyak anak-anak, remaja, orang tua dari wilayah lain main ke sini. Jadinya untuk tetap memjaga kebersihan taman, ada dua petugas setiap hari Minggu yang piket secara bergantian," ucapnya, Senin (20/1).

Pantauan beritajakarta.id, banyak orang tua yang membawa anak-anaknya untuk bermain di rumah pohon tersebut. Anak-anak sangat senang naik, kemudian berjalan di jembatan, dan beberapa saat berhenti di rumah pohon yang terhubung antar pohon.

Suharyati (37) warga RT 03/04, Kelurahan Cengkareng Barat menuturkan, dirinya bersama ibu-ibu lain sengaja mampir untuk mengajak anak mereka bermain usai pulang sekolah. Menurutnya keberadaan rumah pohon sangat bagus dan membuat anak-anak senang.

"Keberadaan rumah pohon sangat kreatif dan juga membuat taman jadi bagus. Rumah pohon juga dapat melatih anak-anak untuk berani naik dan melintas di ketinggian," tandasnya.

Di Taman Kompleks Kebersihan, selain rumah pohon ada juga perosotan, ayunan, dan playground khusus anak kecil. Selain itu ada juga fasilitas olahraga seperti lapangan bulutangkis.

TOP