Rehabilitasi Pasca Banjir di Jaktim Dilakukan Hingga Tuntas

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Minggu, 05 Januari 2020 16:45 WIB | Dibaca 594 kali
Rehabilitasi Pasca Banjir di Jaktim Dilakukan Hingga Tuntas (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur memastikan seluruh proses rehabilitasi pasca banjir akan dilakukan hingga tuntas.

"Semua gratis "

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengatakan, pasca banjir dilakukan kerja bakti massal di sejumlah lokasi terdampak banjir di Kelurahan Pisangan Baru, Kebon Manggis, Utan Kayu Selatan, Pisangan Timur, Cipinang, Kayu Putih, Jati, Kampung Melayu, Bidara Cina, Rawa Bunga, Cipinang Muara, dan Kelurahan Kramat Jati.

Kemudian, Kelurahan Dukuh, Batu Ampar, Bale Kambang, Cawang, Cijantung, Pekayon, Rawa Terate, Penggilingan, Ujung Menteng, Pondok Bambu, Klender, Pondok Kelapa, Malaka Jaya, Pondok Kopi, Cibubur, Kelapa Dua Wetan, Rambutan, Makasar, Pinang Ranti, Kebon Pala, Halim Perdana Kusuma, Cipinang Melayu, Cipayung, Setu, Bambu Apus, dan Kelurahan Ceger.

"Kerja bakti kita lakukan untuk membersihkan sampah, lumpur, hingga barang-barang atau perabot rumah tangga yang rusak atau tidak bisa dipakai karena banjir," ujarnya, saat mendampingi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan kerja bakti di Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Minggu (5/1).

Menurutnya, dalam pelaksanaan kerja bakti hari ini hampir seluruh jajaran Pemkot Jakarta Timur terlibat, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP).

"Hampir semua terlibat. Saya juga sudah menginstruksikan warga di wilayah tidak terdampak untuk bergerak membantu warga korban banjir. Kita buktikan kebersamaan dan kepedulian kita," ucapnya.

Anwar meminta kepada warga terdampak banjir yang mengalami gangguan kesehatan segera melakukan pemeriksaan atau berobat, baik di posko kesehatan maupun puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya.

"Segera berobat dan jangan menunggu sudah parah, kesehatan sangat penting. Kami fasilitasi layanan kesehatan bagi warga terdampak banjir gratis," terangnya.

Menurutnya, menindaklanjuti arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, puskesmas-puskesmas di Jakarta Timur segera bergerak melakukan penyemprotan karbol maupun disinfektan di wilayah-wilayah terdampak banjir.

"Setelah proses pembersihan selesai, segera kita akan lakukan penyemprotan karbol dan disinfektan," ungkapnya.

Ia menambahkan, bagi warga yang dokumen kependudukannya rusak atau hilang akan difasilitasi pengurusannya.

"Semua gratis, langsung saja datang ke kelurahan. Termasuk juga sertifikat tanah dan surat-surat berharga lainnya, kami akan bantu," tandasnya.

TOP