Sudinsos Jaksel Berikan Pelayanan Psikososial Bagi Warga Terdampak Banjir

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Andry | Jumat, 03 Januari 2020 21:17 WIB | Dibaca 400 kali
Sudinsos Jaksel Berikan Pelayanan Psikososial Bagi Warga Terdampak Banjir (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Selatan membentuk Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk memberikan pelayanan psikososial bagi warga terdampak banjir yang mengalami trauma dan depresi selama tinggal di tempat pengungsian.

" Kami mulai bergerak tidak pada saat tanggap darurat, tapi setelah terjadi bencana"

Koordinator Tim LDP Sudinsos Jakarta Selatan, Devi Ayutya mengatakan, tim bentukan ini memiliki personel berjumlah delapan orang dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) dibantu relawan yang sudah dibekali pelatihan Psychological First Aid.

"Kami mulai bergerak tidak pada saat tanggap darurat, tapi setelah terjadi bencana," ujarnya, Jumat (3/1).

Devi menjelaskan, dalam kegiatan ini, pihaknya menyasar kelompok-kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, ibu hamil dan menyusui serta penyandang disabilitas.

"Kami mencoba mendengar semua keluh kesah mereka. Kami hadir untuk jadi teman mereka," katanya.

Ia melanjutkan, bagi anak-anak yang terdampak banjir, pihaknya membuat ruang ramah anak. Hal tersebut diperlukan agar anak-anak bisa bermain dengan leluasa dan nyaman meskipun berada di tempat pengungsian.

"Kegiatan yang dilakukan seperti menyanyi, mewarnai dan mendongeng. Ini agar mereka tetap bergembira dan tidak terlalu larut dalam kesedihan," tandasnya.

TOP