Pemprov DKI Pastikan Kebutuhan Dasar Warga Terdampak Banjir Terpenuhi

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 03 Januari 2020 16:56 WIB | Dibaca 1080 kali
Pemprov DKI Pastikan Kebutuhan Dasar Warga Terdampak Banjir Terpenuhi (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengunjungi warga terdampak banjir yang masih berada di tempat penampungan sementara, Rumah Susun Rawa Buaya, Jakarta Barat pada Jumat (3/1) siang.

"T erdistribusi dengan baik"

Anies menegaskan, prioritas utama Pemprov DKI Jakarta saat ini adalah pemulihan fasilitas umum serta pemenuhan kebutuhan dasar para warga terdampak banjir selama di pengungsian.

"Alhamdulillah jadi siang hari ini, saya bersama jajaran mengunjungi satu dari ada 109 tempat yang saat ini digunakan sebagai tempat penampungan sementara. Di Rumah Susun Rawa Buaya ini, ada lebih dari 1.300 warga yang berada di tempat ini. Mereka berasal dari wilayah sekitar sini yang masih tergenang dengan banjir. Berangsur-angsur memang surut, tetapi mereka belum bisa kembali. Dan selama mereka belum kembali, maka kita siapkan kebutuhan-kebutuhan pokoknya. Itu yang kita lakukan. Dan proses fasilitasi ini terus terjadi di semua tempat," ujar Anies, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Anies menyatakan, saat ini Pemprov DKI Jakarta juga bekerja sama dengan belasan organisasi kemanusiaan agar distribusi bantuan kepada masyarakat bisa merata dan tepat sasaran. Gubernur Anies juga menegaskan kolaborasi tersebut diharapkan dapat mencegah terjadinya penumpukan bantuan di suatu wilayah, sementara wilayah lain masih merasa kekurangan (membutuhkan bantuan).

"Dengan cara semua yang bekerja untuk membantu, baik dari sisi pemerintah maupun masyarakat umum, saling berkoordinasi sehingga siapa membantu di mana, bantuan apa itu saling tahu, agar bisa terdistribusi dengan baik," terangnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Anies juga menyerahkan secara simbolis bantuan dari Forum Komunikasi BUMD kepada masyarakat terdampak banjir di Rusun Rawa Buaya. Beberapa bantuan tersebut antara lain berupa pasokan makanan-minuman, alas tidur, kebutuhan lansia, kebutuhan anak bayi, dan selimut.

Anies juga memastikan Pemprov DKI Jakarta akan menambah bantuan apabila masih terdapat laporan kekurangan. 

Anies menuturkan, masyarakat pada saat ini sedang membutuhkan solidaritas. Untuk itu, Anies mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama solid meringankan beban saudara sebangsanya.

Anies menegaskan, Pemprov DKI Jakarta akan terus all out untuk memastikan penanganan yang terbaik.

"Di DKI Jakarta kemarin, ini saya sampaikan datanya. Ketika terjadi hujan kemarin itu, kawasan yang terdampak lebih dari 150cm itu ada 20 RW. Kemudian yang terdampak 71-150cm ada 115 RW. Lalu yang terdampak 31-70cm ada 130 RW. Dan yang antara 10-30 cm ada 125 RW. Jadi totalnya ada 15% dari kawasan Jakarta yang terdampak. Nah ini yang harus kita perhatikan. Kita yang 85% tidak terdampak ikut membantu meringankan. Minimal dalam percakapan, apalagi bila bisa ikut meringankan dalam perbuatan," tandasnya.

Bagi masyarakat yang sudah bisa kembali ke rumahnya, Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan cairan desinfektan yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah. Sehingga, meskipun tertimpa bencana masyarakat tetap sehat, bebas dari penyakit. Pemprov DKI Jakarta juga akan terus memantau perkiraan cuaca per wilayah dari BMKG dan segera memberikan informasi dini kepada masyarakat.

.

TOP