KPCLA Terus Ajak Warga Jaga Kebersihan

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Toni Riyanto | Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB | Dibaca 571 kali
KPCLA Terus Ajak Warga Jaga Kebersihan (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Komunitas Peduli Kali Ciliwung Lenteng Agung (KPCLA) Jakarta Selatan terus menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan, terutama dengan tidak membuang sampah ke badan air.

" Kami juga meningkatkan penghijauan,"

Ketua KPCLA, Sarmili (64) mengatakan, dirinya mendirikan KPCLA di tahun 2008 karena rasa prihatin melihat banyaknya sampah di aliran dan bantaran Kali Ciliwung.

"Waktu itu di wilayah bantaran Kali Ciliwung, RW 08, Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, terdapat empat titik utama yang dijadikan tempat pembuangan sampah liar oleh warga," ujarnya, Senin (2/12).

Sarmili menjelaskan, berkat kerja keras seluruh anggota komunitas, seiring berjalannya waktu saat ini bantaran Kali Ciliwung di wilayah RW 08 sudah bersih dari sampah.

"Warga di sini sudah tidak ada yang membuang sampah di aliran maupun bantaran kali. Terlebih, saat ini Pemprov DKI sudah menyediakan tempat pembuangan sampah sementara yang representatif," terangnya.

Ia menambahkan, meski bantaran kali di RW 08, Kelurahan Lenteng Agung, sudah bersih dari sampah, komunitas dengan jumlah 15 anggota tersebut tetap aktif mengampanyekan pentingnya menjaga kebersihan.

"Kami ingin terus berkontribusi mengajak masyarakat peduli kebersihan lingkungan. Semoga yang kami lakukan bisa menjadi contoh. Selain bersih dari sampah, kami juga meningkatkan penghijauan di bantaran Kali Ciliwung," tandasnya.

TOP