Keterpilihan Anies Sebagai Ketua Umum APPSI Diapresiasi

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 27 November 2019 14:55 WIB | Dibaca 3472 kali
Keterpilihan Anies Sebagai Ketua Umum APPSI Diapresiasi (Foto : / Beritajakarta.id)

Keterpilihan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi (APPSI) periode 2019-2023 diapresiasi banyak pihak.

" Saya mengucapkan selamat"

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Misan Samsuri mengatakan, keterpilihan Anies merupakan bentuk kepercayaan dari para kepala daerah di Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat. Saya yakin Pak Anies bisa menjalankan amanah dengan baik," ujarnya, Rabu (27/11).

Ia berharap, terpilihnya Anies sebagai Ketua Umum APPSI dapat meningkatkan sinergisitas, komunikasi, dan kolaborasi antar daerah agar bisa semakin maju dan warganya semakin sejahtera.

"Termasuk di bidang ketahanan pangan, saya kira banyak yang bisa dikerjasamakan. Tentunya, kita ingin Jakarta bisa menjadi contoh dan barometer yang baik bagi daerah lain di Indonesia," terangnya.

Sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik dari Budgeting Metropolitan Watch, Amir Hamzah menuturkan, Anies dipilih sebagai Ketua Umum APPSI melalui proses yang sangat demokratis.

"Mayoritas kepala daerah memilih beliau. Artinya, mereka tentu menilai Anies sebagai sosok yang memang kapabel untuk memimpin organisasi para kepala daerah di Indonesia itu. Selamat kepada Pak Anies, saya sangat mengapresiasi," ungkapnya.

Ia menambahkan, keterpilihan Anies otomatis harus ditindak lanjuti dengan memilih salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) APPSI.

"Sekjen akan bertugas membantu Anies agar organisasi berjalan dengan baik," ucapnya.

Menurutnya, sinergisitas antar daerah perlu terus diperkuat untuk saling mendukung kemajuan pembangunan infrastruktur dan non-infrastruktur di masing-masing daerah.

"Jakarta ini kan terbuka bagi siapa saja warga Indonesia. Tapi, tentu kita berharap Pak Anies juga bisa berkoordinasi dengan para kepala daerah agar mereka yang datang ke Jakarta memiliki bekal kemampuan dan keterampilan yang baik agar tidak memicu masalah sosial," tandasnya.

Untuk diketahui, Anies terpilih melalui mekanisme penjaringan nama yang menghasilkan tiga Gubernur dengan jumlah terbanyak, yaitu Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat, dan Gubernur Kalimantan Timur.

Selanjutnya, dua nama teratas dipilih melalui mekanisme voting oleh 23 Gubernur atau Wakil Gubernur yang hadir dalam Munas APPSI. Anies terpilih dengan perolehan hasil voting 13 suara, sementara Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendapatkan sembilan suara, sementara satu suara lainnya abstain.

TOP