Dinas Dukcapil DKI Terus Gencarkan GISA

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Erikyanri Maulana | Rabu, 20 November 2019 16:09 WIB | Dibaca 1527 kali
Dinas Dukcapil DKI Terus Gencarkan GISA (Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta terus menggencarkan Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Kegiatan ini untuk mengajak masyarakat memiliki dokumen kependudukan.

"GISA ini kami gelar di 44 kecamatan di Jakarta, "

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma mengatakan, GISA ini gerakan yang melibatkan RT, RW, LMK, PKK, Karang Taruna dan dasa wisma dengan harapan mereka menjadi pionir untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat di lingkungannya.

Kedua, dirinya ingin membangun empat kesadaran, pertama, membangun kesadaran akan kepemilikan dokumen kependudukan, kedua kesadaran memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, ketiga kesadaran memanfaatkan data kependudukan karena sudah bisa dimanfaatkan diberbagai sektor baik dalam penegakan hukum, demokrasi, perencanaan maupun pelayanan lainnya.

"Keempat sadar untuk memutakhirkan data kependudukan, sebab data kependudukan sangat dinamis, sehingga perlu diupdate status terakhir dalam dokumen kependudukan," ujarnya, Rabu (20/11).

Selanjutnya, dikatakan Dhani, administrasi kependudukan ini suatu kegiatan untuk melakukan penataan dan penertiban terhadap penerbitan dokumen, baik catatan sipil, pendaftaran penduduk maupun pengelolaan dan pendayagunaan data kependudukan.

"Harapannya kami ingin memberikan layanan untuk memenuhi hak sipil warga negara Indonesia," katanya.

Ia menambahkan, kegiatan yang digelar di Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Smart Meruya Utara tersebut ada beberapa layanan yang digelar yakni layanan pencetakan KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak, Akta Perkawinan, Pencatatan Perkawinan dan  Akta Kelahiran.

"GISA ini kami gelar di 44 kecamatan di Jakarta," tandasnya.

TOP