Pembangunan Rumah Pompa Bulak Cabe Capai 60 Persen

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 18 November 2019 21:23 WIB | Dibaca 526 kali
Pembangunan Rumah Pompa Bulak Cabe Capai 60 Persen (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Pembangunan rumah pompa Bulak Cabe di Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara yang dilaksanakan sejak Juni lalu, saat ini progresnya sudah mencapai 60 persen.

"Kami optimis Desember ini rampung dan 2020 nanti sudah bisa dioperasionalkan, "

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, Adrian Maulana mengatakan, pengerjaan fisik pembangunan meliputi pembangunan rumah pompa berikut pompa stationer dan sheetpile untuk kolam olakan.

"Pompa nantinya dua unit masing-masing berkapasitas 3.500 liter per detik. Lalu ada pompa lumpur 500 liter per detik," ujarnya, Senin (18/11).

Dijelaskan Adrian, saat ini pembangunan bagian sheet pile sekitar satu kilometer sudah rampung. Demikian juga struktur bangunan rumah pompa sudah berbentuk.

"Pengerjaan saat ini tengah mempersiapkan tahapan mekanikal dan elektrik. Kemudian akan disambung dengan instalasi pompa stationer dan uji coba," katanya.

Diharapkan, keberadaan rumah pompa ini akan mengatasi genangan akibat luapan Kali Cakung Lama dan Gubug Genteng di Kurahan Sukapura, Pegangsaan Dua, Semper Barat, Tugu Selatan serta Semper Timur.

"Kami optimis Desember ini rampung dan 2020 nanti sudah bisa dioperasikan," tandasnya.

TOP