Personel Dinas Gulkarmat Ikuti Kompetisi Keterampilan Damkar di Singapura

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 13 November 2019 12:26 WIB | Dibaca 592 kali
Personel Dinas Gulkarmat Ikuti Kompetisi Keterampilan Damkar di Singapura (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta akan mengikuti kompetisi keterampilan personel pemadam kebakaran (damkar), Singapore Global Firefighters And Paramedics Challenge (SGFPC) 2019 di Singapura pada 18 November mendatang.

"Mereka digembleng mengikuti pelatihan agar bisa meraih prestasi terbaik, "

Berbagai persiapan menjelang kejuaraan terus dilakukan salah satunya dengan pemusatan latihan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran (Pusdiklatkar), Ciracas, Jakarta Timur selama dua bulan mulai 16 September-16 November 2019.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) DKI Jakarta, Edy Rudiyanto mengatakan, pemusatan latihan kami titikberatkan pada Brave Heart, Road Traffic Accident, Individual Fire Marathon, dan International Search and Rescue Advisory Group (Insarag).

"Kontingen Dinas Gulkarmat DKI Jakarta terdiri dari enam orang atlet dan satu ketua tim. Mereka digembleng mengikuti pelatihan agar bisa meraih prestasi terbaik," ujarnya, Rabu (13/11).

Edy menjelaskan, SGFPC 2019 ini diselenggarakan oleh Singapore Civil Defense Force (SCDF). Selain dari negara-negara ASEAN, SGFPC 2019 akan diikuti peserta dari Inggris dan Australia.

"Tim Dinas Gulkarmat DKI Jakarta dijadwalkan berangkat pada 17 November dan direncanakan berada di Singapura selama satu minggu," terangnya.

Edy menuturkan, keikutsertaan kontingen Dinas Gulkarmat DKI Jakarta mewakili Indonesia pada kompetisi berskala internasional tersebut diharapkan dapat membawa pulang hasil atau prestasi yang membanggakan.

"Selain menambah pengalaman dan jam terbang, kami ingin mengharumkan nama Indonesia dalam ajang kompetisi keterampilan personel pemadam kebakaran ini," ungkapnya.

Ia menambahkan, pada penyelenggaraan SGFPC tahun lalu, kontingen Dinas Gulkarmat DKI Jakarta berhasil membawa pulang 12 medali. Rinciannya, enam medali Insarag, dua medali Mix Braveheart, dan empat medali Race for Responders.

Sementara itu, Ketua Tim Kontingen Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Imbang Satriana mengatakan, timnya mematok target peringkat tiga besar dalam perolehan medali kompetisi tersebut.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin. Pembekalan materi lomba dan persiapan fisik terus kami berikan agar tim dapat mencapai target yang telah ditetapkan," tandasnya.

TOP