Kaum Ibu di Jakut Dilatih Jadi Wirausahawan Baru

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 16 Oktober 2019 13:10 WIB | Dibaca 534 kali
Kaum Ibu di Jakut Dilatih Jadi Wirausahawan Baru (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Sosial Jakarta Utara terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi keluarga pra sejahtera.

"Pembinaan peserta ini kita arahkan membentuk kelompok usaha bersama dan ada yang ikut lanjutan ke PKT di SKPD lain, "

Sejak akhir September hingga pertengahan Oktober ini, tercatat sudah 500 kaum ibu dari keluarga pra sejahtera dilatih membangun kewirausahaan baru.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Utara, Aji Antoko menjelaskan, ibu-ibu dari keluarga pra sejahtera di enam kecamatan tersebut dilatih membuat berbagai olahan kue basah.

"Mereka dilatih secara bergantian. Jumlah peserta di masing-masing kecamatan bervariasi. Harapannya itu bisa menjadi usaha mereka," ujar Aji, Rabu (16/10).

Dijelaskan Aji, setiap peserta di masing-masing kecamatan diberikan pelatihan dengan berbagai materi selama tiga hari. Selain teknik membuat berbagai kue basah seperti bolu dan keik, mereka juga diberikan materi motivasi membangun usaha dan mengakses permodalan.

Setelah mengikuti pelatihan, peserta juga diberikan bantuan berupa peralatan memasak kue seperti blender, oven, mixer dan dua unit baskom. Untuk proses pengawasan dan pembinaan pasca-pelatihan, pihak Dinas Sosial juga menyiapkan dua orang pendamping di setiap kota.

"Ini tahun kedua pelaksanaan. Pembinaan peserta ini kita arahkan membentuk kelompok usaha bersama dan ada yang ikut lanjutan ke PKT di SKPD lain," tandasnya.

TOP