Dekranasda Kepulauan Seribu Adakan Pelatihan Kerajinan Kulit Kerang

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Selasa, 08 Oktober 2019 15:14 WIB | Dibaca 272 kali
Dekranasda Kepulauan Seribu Adakan Pelatihan Kerajinan Kulit Kerang (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Dekranasda Kepulauan Seribu hari menggelar pelatihan kerajinan kulit kerang di Gedung Mitra Praja, Sunter Jakarta Utara. Pelatihan ini diikuti puluhan kader PKK di wilayah Kepulauan Seribu.

"Nantinya bisa jadi suvenir khas Kepulauan Seribu dan bisa mengangkat perekonomian warga, "

Wakil Ketua I TP PKK Kepulauan Seribu, Rita Junaedi mengatakan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan sekaligus mencetak perajin-perajin baru di Kepulauan Seribu.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan perajin baru yang bisa meningkatkan nilai ekonomi dan mengangkat citra Deskranasda Kepulauan Seribu," ujarnya, Selasa (8/10).

Instruktur pelatihan kulit kerang, Siti Solehah menambahkan, dalam kegiatan ini peserta diberikan materi proses pencarian bahan dasar kulit kerang, pencucian hingga proses pembuatan. Seperti membuat kerajinan kalung, vas bunga, tempat tisu hingga merangkai bunga dengan bahan dasar kulit kerang. 

"Selain pelatihan kita langsung uji kompetensi dan setiap peserta akan mendapatkan sertifikat," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Purnomo usai membuka kegiatan menuturkan, pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut karena dapat menambah potensi serta mendongkrak sektor pariwisata, ekonomi dan kreatif.

"Nantinya bisa jadi suvenir khas Kepulauan Seribu dan bisa mengangkat perekonomian warga," tandasnya.

TOP