Aksi Bersih Laut Digelar di Pulau Untung Jawa

Reporter : Suparni | Editor : Erikyanri Maulana | Kamis, 12 September 2019 13:40 WIB | Dibaca 454 kali
Aksi Bersih Laut Digelar di Pulau Untung Jawa (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Aksi bersih laut digelar petugas gabungan hari ini di perairan Pulau Untung Jawa dan sekitar area Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

" Kita giatkan aksi bersih laut dan mengajak warga agar lebih peduli dengan lingkungan,"

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaidi di sela-sela kegiatan ini menuturkan, aksi bersih laut yang digelar jajarannya difokuskan untuk membersihkan sisa-sisa tumpahan minyak mentah di pesisir pantai dan area camping ground BKSDA.

"Kita giatkan aksi bersih laut dan mengajak warga agar lebih peduli dengan lingkungan," ujar Junaidi, Kamis (12/9).

Junaidi berharap, aksi kerja bakti massal seperti ini tidak selalu digerakkan pemerintah, namun juga oleh warga sebagai budaya gotong royong dan tradisi menjaga kebersihan di wilayah Kepulauan Seribu sebagai kawasan unggulan pariwisata.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kepulauan Seribu, Herbert Marpaung menambahkan, dari hasil kerja bakti ini, petugas berhasil mengumpulkan sekitar satu ton kubik sampah.

"Kita berhasil mengumpulkan satu ton kubik sampah. Sementara sampahnya kita tampung di lokasi sebelum diangkut ke kapal sampah," tandasnya.

Aksi bersih laut kali ini melibatkan sekitar 100 petugas gabungan yang terdiri dari unsur ASN Kelurahan Pulau Untung Jawa, Satpol PP, petugas pesisir pantai, Pokdarwis dan petugas Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.  



TOP