Poktan Penggiat Budi Daya Cabai Ikuti Bimtek

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 05 September 2019 18:21 WIB | Dibaca 437 kali
Poktan Penggiat Budi Daya Cabai Ikuti Bimtek (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi kelompok tani (Poktan) yang terpilih mendapatkan pendampingan budi daya cabai

"Kolaborasi meningkatkan produksi cabai di Jakarta"

Adapun Poktan tersebut yakni, Kelompok Tani Garden Jaya Rorotan Jakarta Utara, Kelompok Tani Maju Makmur Bersama Kelurahan Ulu Jami, Kelompok Tani Kebun Berseri Kelurahan Bintaro, dan Kelompok Tani Banjir Kanal Timur (BKT) Duren Sawit.

Bimtek bermaterikan Pemanfaatan Lahan untuk Budi Daya Cabai tersebut berlangsung di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sukapura, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta, Syarifah Aminah mengatakan, kelompok tani yang terpilih merupakan hasil survei lokasi Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) budi daya cabai di Jakarta yang telah dilakukan bersama Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta pada 29-30 Agustus 2019.

"Ini merupakan bentuk kerja bersama, kolaborasi dalam upaya meningkatkan produksi cabai di Jakarta," ujarnya, Kamis (5/9).

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati berharap, kegiatan ini memberikan manfaat untuk meningkatkan pengetahuan para petani dalam melaksanakan kegiatan pemanfaatan lahan dengan budi daya cabai.

"Diharapkan pada akhir tahun ini dapat dilaksanakan panen cabai bersama di tiga wilayah kota meliputi, Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan," terangnya.

Ia meminta, agar jajaran Dinas KPKP, termasuk Satuan Pelaksana (Satpel) Kecamatan dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan agar mendampingi penerima manfaat program cabenisasi 2019.

"Pendampingan ini sangat penting, agar budi daya cabai yang dilakukan bisa memberikan hasil panen optimal," tandasnya.

Untuk diketahui, selain Poktab, kegiatan tersebut turut dihadiri Koordinator Penyuluh Wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan; serta Satpel dan PPL Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, dan Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

TOP