Ini Pelatihan dan Pengembangan Produktivitas di P3D Disnakertrans DKI

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 05 September 2019 11:19 WIB | Dibaca 717 kali
Ini Pelatihan dan Pengembangan Produktivitas di P3D Disnakertrans DKI (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Pusat Pengembangan Produktivitas Daerah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (P3D Disnakertrans) DKI Jakarta melaksanakan berbagai pelatihan dan pengembangan produktivitas di tahun 2019 baik dari kalangan masyarakat, perusahaan maupun instansi.

" Tahun ini kami menargetkan ada 1.525 peserta"

Pelaksana Harian (Plh) P3D Disnakertrans DKI Jakarta, Ahmad Sotar Harahap mengatakan, terkait dengan pelatihan produktivitas terdapat 11 jenis yang meliputi, 5S atau Sisih, Susun, Sasap, Sosop, dan Suluh yang merupakan urutan serta teknik penataan tempat kerja dan lingkungan kerja; Achievement Motivation Training (AMT); Just in Time atau Score; Gugus Kendali Mutu (GKM); Kader Produktivitas; Supervisi; Pelayanan Prima; Public Speaking; Kaizen; Green Productivity; dan Kewirausahaan.

"Untuk 5S akan terbagi dalam 10 angkatan, AMT tiga angkatan, Just in Time tiga angkatan, GKM empat angkatan, Kader Produktivitas tiga angkatan, Supervisi tiga angkatan, Pelayanan Prima lima angkatan, Public Speaking lima angkatan, Kaizen empat angkatan, Green Productivity satu angkatan, dan Kewirausahaan 20 angkatan. Tiap angkatan diikuti 25 peserta," ujarnya, Kamis (5/9).

Sotar menambahkan, untuk pengembangan produktivitas meliputi, Bimbingan dan Konsultasi (Bimkon) 5S; Bimkon Paramakarya; Bimkon Kewirausahaan; Bimkon GKM; Pengukuran Individu; Pengukuran Produktivitas Sektoral dan Regional; serta Penilaian Kinerja Perusahaan.

"Tahun ini Bimkon 5S diselenggarakan untuk 10 angkatan, Bimkon Paramakarya tiga angkatan, Bimkon Kewirausahaan 10 angkatan, Bimkon GKM satu angkatan, Pengukuran Individu satu angkatan, Pengukuran Produktivitas Sektoral dan Regional satu angkatan, serta Penilaian Kinerja Perusahaan satu angkatan. Masing-masing angkatan diikuti 20 peserta," terangnya.

Sementara, Kasubag Tata Usaha P3D Disnakertrans DKI Jakarta, Jefrizal menambahkan, untuk 11 jenis kegiatan pelatihan produktivitas mayoritas telah dilaksanakan dengan total jumlah peserta sudah mencapai 1.300 peserta.

"Tahun ini kami menargetkan ada 1.525 peserta. Masih ada sejumlah kegiatan pelatihan produktivitas yang akan berlangsung dalam beberapa bulan mendatang," ungkapnya.

Menurutnya, setiap tahun genap akan dilakukan pemberian anugerah produktivitas Sidhakarya di tingkat provinsi dengan tujuh kriteria penilaian. Kemudian, untuk penghargaan anugerah produktivitas di tingkat nasional disebut Paramakarya yang diselenggarakan setiap tahun ganjil.

"Penghargaan itu bisa diberikan bagi pelaku UMKM, instansi maupun perusahaan," ucapnya.

Jefrizal berharap, agar P3D Disnakertrans DKI Jakarta bisa mendapatkan penambahan sumber daya manusia (SDM), termasuk instruktur. Pasalnya, jumlah yang ada saat ini jauh dari ideal mengingat jangkauan wilayahnya sangat luas.

"Kami juga berharap adanya penambahan kendaraan operasional untuk mendukung pelaksanaan pelatihan dan pengembangan produktivitas melalui layanan jemput bola," tandasnya.

TOP