386 Orang Daftar Jadi Peserta Pelatihan di PPKD Jaktim

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 03 September 2019 12:26 WIB | Dibaca 5869 kali
386 Orang Daftar Jadi Peserta Pelatihan di PPKD Jaktim (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Sebanyak 386 orang sudah mendaftar untuk mengikuti pelatihan di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur, Jalan Haji Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

" Gratis, tidak ada biaya sama sekali"

Kepala PPKD Jakarta Timur, Ahmad Sotar Harahap, pendaftaran Pelatihan Keterampilan Kerja Reguler Angkatan IV dibuka pada 29 Juli-24 September 2019. Sementara, untuk pelatihan akan dilaksanakan mulai 30 September 2019 mendatang.

"Kami membuka pelatihan untuk 11 kejuruan. Masing-masing kejuruan kuota persertanya sebanyak 220 orang," ujarnya, Selasa (3/9).

Sotar menjelaskan, calon peserta diwajibkan datang langsung ke PPKD Jakarta Timur saat pengumuman penerimaan pada 27 September 2019 nanti, sekaligus melakukan daftar ulang.

"Bagi mereka yang tidak terpilih di Angkatan IV ini, tapi dinyatakan lulus seleksi, kami akan prioritaskan mengikuti pelatihan pada Angkatan I tahun 2020. Sebab, Angkatan IV ini merupakan merupakan pelatihan gelombang terakhir di tahun ini," terangnya.

Menurutnya, calon peserta pelatihan hanya perlu membawa  fotokopi ijazah terakhir, fotokopi KTP DKI Jakarta, fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan pas foto ukuran 3x4 dengan latar belakang merah sebanyak empat buah untuk mendaftar.

"Pendaftaran dibuka Senin sampai dengan Jumat pukul 08.00 sampai 16.00. Gratis, tidak ada biaya sama sekali," ungkapnya.

Ia menambahkan, 11 kejuruan yang dibuka untuk Angkatan IV yakni, Komputer, Otomotif Kendaraan Ringan, Sepeda Motor Injeksi, Operator Komputer, Desain Grafis, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Tata Rias, Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Graha (Perhotelan).

"Selain akan mendapatkan Sertifikasi Kompetensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), pelatihan ini juga menyertakan Temu Konsultasi Kerja atau Pemasaran Alumni Pelatihan Kerja," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang calon peserta Pelatihan Keterampilan Kerja Reguler Angkatan IV PPKD Jakarta Timur, Muhammad Arinalha menuturkan, dirinya berencana mengikuti tes perguruan tinggi negeri tahun depan. Sambil mengisi waktu luang, dia memutuskan untuk mengikuti pelatihan kerja reguler dan mengambil kejuruan Desain Grafis.

"Saya ikut untuk menambah ilmu dan wawasan. Banyak saudara saya yang ikut pelatihan di sini dan saat ini sudah bekerja di perusahaan asing," tandasnya.

TOP