Empat SMKN Pamerkan Produk di Festival Samawa DP 0 Rupiah

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Sabtu, 31 Agustus 2019 17:09 WIB | Dibaca 984 kali
Empat SMKN Pamerkan Produk di Festival Samawa DP 0 Rupiah (Foto : Istimewa / Beritajakarta.id)

Empat SMK Negeri pamerkan berbagai produk furniture dan desain interior di peresmian Festival Samawa DP Nol Rupiah "Ini Rumah Gue" di Klapa Village, Jl H Naiman RT 01/02 Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (31/8).

"Sekarang siswa kita sudah bisa hasilkan produk seperti coffe table, meja belajar, nakas, tempat tisu, kursi, meja hias hingga kitchen set "

Produk dari SMKN 52 Cibubur, SMKN 4 Rorotan, 26 Rawamangun dan SMKN 56 Pluit yang dipamerkan dilabeli harga dan kualitas layak bersaing pasaran.

Guru Desain Interior dan Teknik Furniture SMKN 52 Cibubur, Nadya Mirasanti mengatakan, sekolahnya mulai mengembangkan busines centre sejak tahun 2000-an. Sejak saat itu, siswa di sekolahnya mulai mengembangkan berbagai produk furniture.

"Sekarang siswa kita sudah bisa hasilkan produk seperti coffe table, meja belajar, nakas, tempat tisu, kursi, meja hias hingga kitchen set," katanya.

Dijelaskan Nadya, produk yang dihasilkan dibanderol mulai harga termurah Rp 50 ribu hingga yang termahal kitchen set berbahan HPL Rp 2,5 juta permeter persegi.

"Lama pengerjaan untuk setiap produk bervariasi tergantung kesulitan mulai dari dua hari hingga lebih dari 10 hari," jelasnya.

Pemasaran produk mereka pun selama ini sudah mampu menembus pasaran nasional hingga internasional. Pengerjaan produk murni dilakukan oleh siswa memanfaatkan waktu di jam pelajaran teching factory.

"SMKN 4 produknya hampir sama dengan kita. Kalau SMKN 26 dan 56 hanya desain interior saja," tandasnya.

TOP