Ciaaat... 20 Pendekar Cilik Unjuk Kebolehan di HBKB Jakut

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Minggu, 25 Agustus 2019 15:05 WIB | Dibaca 871 kali
Ciaaat... 20 Pendekar Cilik Unjuk Kebolehan di HBKB Jakut (Foto : / Beritajakarta.id)

Sebanyak 20 pesilat cilik dari Perguruan Satya Bhineka, Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, menampilkan kebolehannya saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) tingkat Kota Jakarta Utara di Jl Danau Sunter Selatan, Minggu (25/8).

" Anak-anak juga tampilkan trik-trik kuncian melumpuhkan lawan secara efektif tanpa melukai,"

Bukan cuma atraksi keindahan dan keserasian jurus secara beregu, para pendekar cilik ini juga menampilkan kemampuan bersilat menghadapi lawan dengan tangan kosong hingga bersenjata.

Pembina Peguruan Silat Satya Bhineka Kelapa Gading, Solahudin Maulana mengatakan, ke- 20 anak didiknya itu menampilkan jurus seni gabungan aliran Cimande dan Beksi. Kemudian jurus tunggal Cimande dan ganda berpasangan putra dengan tangan kosong, bersenjata golok dan toya.

"Anak-anak juga tampilkan trik-trik kuncian melumpuhkan lawan secara efektif tanpa melukai," katanya.

Dijelaskan Solahudin, pihaknya biasa menggembleng anak-anak berlatih beberapa kali sepekan di RPTRA Biru Laut, Gading Tarian dan Harmoni Kelurahan Kelapa Gading Timur. Hasilnya, beberapa anak didiknya sudah ada yang berprestasi hingga tingkat nasional.

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsudin Lologau, mengapresiasi penampilan anak-anak pesilat. Diharapkannya, aktivitas positif akan menjauhkan generasi muda dari pengaruh narkoba dan perilaku negatif lainnya.

"HBKB ini kita juga ada dari BNNK yang menyosialisasikan bahaya narkoba. Juga program-program dari sejumlah SKPD dan UKPD di Jakarta Utara," ujarnya.

Menurut Syamsudin, metode sosialisasi program oleh masing-masing SKPD dan UKPD menggunakan momentum HBKB sangat tepat. Mereka bisa menghemat energi untuk mengundang peserta sosialisasi karena pelaksanaan HBKB di pekan terakhir setiap bulannya selalu didatangi ribuan warga.

"Di sinilah saat yang tepat menyosialisasikan berbagai program DKI ke warga," tandasnya.

TOP