Chef Ragil Apresiasi Inovasi Dapur Kurban Pemprov DKI

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Minggu, 11 Agustus 2019 11:51 WIB | Dibaca 1070 kali
Chef Ragil Apresiasi Inovasi Dapur Kurban Pemprov DKI (Foto : / Beritajakarta.id)

Salah seorang juru masak yang akan ikut bergabung dalam program Dapur Kurban, Chef Ragil, mengapresiasi inovasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang mengadakan program Dapur Kurban.

" Sepertinya sangat baik kegiatan ini bisa diteruskan secara berkala"

Pemprov DKI melibatkan chef dari hotel bintang lima dan empat untuk mengolah daging kurban dalam beragam jenis makanan sebelum didistribusikan.

Chef Ragil mengatakan, kegiatan Dapur Kurban sangat inovatif untuk memberikan rasa kebersamaan antar warga Jakarta dan kesetaraan dalam menikmati makanan pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

"Ikut bersama-sama Pemprov DKI hadir untuk memberikan kenikmatan kurban bersama masyarakat. Sepertinya sangat baik kegiatan ini bisa diteruskan secara berkala," ujarnya, Sabtu (10/8).

Ragil menjelaskan, dirinya telah menyiapkan menu khusus dalam program Dapur Kurban untuk dinikmati yakni, sayur daging sapi babanci dan kambing panggang. 

"Tantangannya menyiapkan makanan khas Betawi yang pemasakannya cepat dan bisa memuaskan semua yang menikmatinya," ungkapnya.

Sementara, Ketua Pengurus Yayasan ACT, Ibnu Hajar menuturkan, program Dapur Kurban tahun ini menjadi pelaksanaan kali kedua setelah tahun lalu pihaknya juga mendapatkan kepercayaan dan amanah dari Pemprov DKI.

"ACT akan support Armada Food Truck beserta chef untuk memasak, dan relawan yang akan membantu membagikan makanan olahan daging kurban di Jakarta," ucapnya.

Ibnu menginginkan agar program ini dapat menginspirasi semua pihak untuk melayani masyarakat dengan cara yang terbaik. 

"Semoga kedepan program ini bisa lebih besar lagi, sehingga bisa semakin banyak membantu. Terima kasih Pemprov DKI atas jalinan kerja sama dan kolaborasi ini," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, melalui program Daging Kurban yang mengangkat tema "Menebar Keberkahan Membahagiakan Sesama", Pemprov DKI menginisiasi pemberian daging kurban olahan siap santap bagi masyarakat di kawasan padat penduduk, tidak mampu, yang terkena dampak bencana/kebakaran, yayasan, masjid dan panti asuhan.

Selain sudah berpengalaman, dilibatkannya para chef hotel bintang lima dan empat dalam pengolahan masakan diharapkan dapat membawa pengalaman istimewa bagi para penerima daging kurban agar mereka merasakan cita rasa masakan hotel berbintang.

Paket makanan tersebut akan didistribusikan di sembilan kelurahan di lima wilayah kota dan warga di RW tertentu Kepulauan Seribu, serta yayasan, masjid dan panti asuhan.

Pemprov DKI bekerja bersama Baznas Baziz Provinsi DKI Jakarta, Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap, Hotel Borobudur, Hotel Shangri-la, Hotel Dharmawangsa, Aston Pluit, dan Grand Cempaka. Bermitra dengan APKEPI, ANTV, dan didukung PKK serta KORPRI.

Rencananya, pada pelaksanaan kegiatan di kawasan Monas, Senin (12/8), akan dihadiri langsung Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, Fery Farhati dengan kegiatan memasak dan makan bersama 200 anak yatim piatu.

TOP