Saefullah Resmikan Balkot Farm

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 02 Agustus 2019 13:27 WIB | Dibaca 1668 kali
Saefullah Resmikan Balkot Farm (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah meresmikan Balkot Farm di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

" Kolaborasi ini bisa menjadi contoh,"

Saefullah mengatakan, Balkot Farm merupakan wujud sinergisitas dan kerja bersama antara jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Ada Dinas KPKP, Diskominfotik, Biro Umum, Dinas Kesehatan, dan PT Bank DKI. Kolaborasi ini bisa menjadi contoh," ujarnya, saat prosesi peresmian, Jumat (2/8).

Menurutnya, warga di lingkungan RT/RW bisa menerapkan urban farming. Sehingga, Jakarta akan lebih hijau dan memberikan dampak luas baik dari sisi ekonomi maupun peningkatan kualitas udara.

"Jadi, siapapun kalau mau berbuat, pertanian perkotaan ini tidak memerlukan lahan yang besar. Ruang-ruang kecil bisa memberikan contoh-contoh positif pemenuhan kebutuhan sayuran dan buah," terangnya.

Kepala Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania menuturkan, Balkot Farm diberi sentuhan IT dengan menggunakan sensor Internet of Things (IOT). Salah satu alasannya adalah untuk menggerakkan urban farming agar semakin menarik minat generasi milenial.

"Pada dasarnya kita sangat dekat dengan teknologi. Penggunaan mobile phone bisa sangat membantu dalam pengelolaan tanaman," ungkapnya.

Sementara, Kepala Biro Umum DKIJakarta, Firmansyah menambahkan, Balkot Farm dapat menjadi tempat baru bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemprov DKI Jakarta maupun tamu yang datang untuk saling berinteraksi.

"Area Balkot Farm ini juga menjadi spot yang menarik untuk berfoto di Balai Kota," tandasnya.

Untuk diketahui, pada kesempatan tersebut Saefullah juga menyerahkan penghargaan kepada penggiat urban farming masing-masing yakni, Siti Aminah, Dani Aswanto, Nana Suganda, dan Apit Kurniawan. Mereka berhak atas hadiah senilai Rp 2,5 juta.

TOP