Dinas KUKMP Adakan Pelatihan Pemasaran dan Komunikasi Bisnis Bagi UKM

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Aldi Geri Lumban Tobing | Rabu, 31 Juli 2019 12:16 WIB | Dibaca 806 kali
Dinas KUKMP Adakan Pelatihan Pemasaran dan Komunikasi Bisnis Bagi UKM (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta mengadakan Pelatihan Pemasaran dan Komunikasi Bisnis Bagi UKM. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat mulai 30 Juli-2 Agustus 2019.

" Strategi komunikasi pemasaran yang akurat"

Pelatihan diikuti sebanyak 180 pelaku UKM dengan enam orang diantaranya merupakan penyandang disabilitas. Adapun narasumber yang memberikan materi pada pelatihan tersebut berasal dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kepala Dinas KUKMP DKI Jakarta, Adi Ariantara mengatakan, Pelatihan Pemasaran dan Komunikasi Bisnis Bagi UKM bertujuan membangun strategi pemasaran dan komunikasi yang baik dan tepat sasaran serta menanamkan pemahaman tentang pentingnya persaingan ekonomi maupun pasar. 

"Melalui strategi pemasaran yang baik posisi UKM menjadi kuat dan patut diperhitungkan dalam kegiatan ekonomi nasional dan akhirnya membawa keuntungan bagi usaha tersebut. Selain itu, dapat bersaing dan berkembang dalam kegiatan ekonomi nasional," ujarnya, Rabu (31/7).

Adi menjelaskan, materi yang diberikan meliputi, Pemasaran UMKM; Komunikasi dan Negosiasi untuk UMKM; Usaha Bertumbuh Pesat Melalui Bauran Pemasaran yang Efektif; dan Business Model Canvas (BMC).

"Kita perlu menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang akurat dan efektif. Pelaksanaan pemasaran yang dilakukan UKM memiliki peranan yang sangat besar sebagai penunjang langsung terhadap penjualan," terangnya.

Ia menambahkan, melalui komunikasi pemasaran yang tepat sesuai dengan budaya, gaya hidup, kebiasaan membeli, pola konsumsi, media komunikasi, dan lain-lainnya, maka konsumen sasaran atau pembeli bisa dengan mudah mengetahui produk yang dicari.

"Peran komunikasi pemasaran di dalam pengembangan informasi suatu produk dapat memperluas segmen pasar, sesuai dengan target market yang dituju," tandasnya.

TOP