Dinas PPAPP Adakan Berbagai Lomba di Gebyar RPTRA 2019

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 11 Juli 2019 13:50 WIB | Dibaca 919 kali
Dinas PPAPP Adakan Berbagai Lomba di Gebyar RPTRA 2019 (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta hari ini menyelenggarakan Lomba Kinerja RPTRA, Cerdas Cermat dan Senam Maumere di Kantor Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, Jalan Ahmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

"Meningkatkan kemampuannya dari waktu ke waktu, "

Ketiga jenis lomba ini merupakan bagian dari kegiatan Gebyar RPTRA 2019.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, peserta lomba adalah perwakilan RPTRA dari lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu yang telah melalui proses seleksi.

"Saya berharap melalui adanya lomba ini seluruh peserta semakin bisa meningkatkan kemampuannya dari waktu ke waktu," ujarnya, Kamis (11/7).

Tuty menjelaskan, untuk lomba Kinerja RPTRA diawali dengan paparan dari ketua pengurus RPTRA kelurahan maksimal 15 menit, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab 35 menit. Adapun pendamping maksimal lima orang terdiri dari pengurus dan pengelola RPTRA.

"Ada tiga unsur penilaian yakni, paparan, administrasi, dan fisik Lingkungan RPTRA. Penilaian fisik kita lakukan menggunakan metode inspeksi mendadak agar bisa mengetahui langsung kondisi riil di lapangan," terangnya.

Ia menambahkan, untuk Lomba Cerdas Cermat diikuti oleh enam tim karena dari setiap wilayah hanya mengirimkan satu perwakilan saja. Setiap tim terdiri dari tiga orang pengelola RPTRA.

Untuk Lomba Senam Maumere, sambung Tuty, setiap tim senam terdiri dari tujuh orang dengan usia minimal 50 tahun bisa diikuti peserta perempuan/laki-laki/campuran. Senam Maumere yang dilombakan menggunakan versi lama. Selain itu, peserta bebas menggunakan kostum atau seragam.

"Untuk juara Lomba Senam Maumere dan Lomba Kinerja RPTRA akan diumumkan pada puncak acara Gebyar RPTRA di Velodrome, Rawamangun pada 30 Juli mendatang," ungkapnya.

Menurut Tuty, lomba ini bertujuan mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat, pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di RPTRA, serta meningkatkan semangat atau kualitas kinerja pengelola RPTRA.

"Pelaksanaan lomba in juga dimaksudkan untuk meningkatkan semangat kekeluargaan warga dengan pengelola RPTRA, memberikan apresiasi kepada warga, kader PKK dan pengelola RPTRA, serta mengembangkan kreativitas atau inovasi kader PKK dan pengelola RPTRA," tandasnya.

TOP