153 Warga Pendatang di Ciracas Dibuatkan SKDS

Reporter : Nurito | Editor : F. Ekodhanto Purba | Rabu, 10 Juli 2019 22:17 WIB | Dibaca 1536 kali
153 Warga Pendatang di Ciracas Dibuatkan SKDS (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Timur menerbitkan 176 surat keterangan domisili sementara (SKDS) untuk warga pendatang di RW 10 Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas.

"Binduk ini bertujuan untuk mendata warga pendatang "

Penerbitan SKDS dilakukan saat dilakukan bina kependudukan (Binduk) yang dipimpin oleh Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar yang diikuti oleh 105 petugas gabungan.

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dengan mendatangi sejumlah rumah kos dan kontrakan yang ada di wilayah tersebut. 

"Binduk ini bertujuan untuk mendata warga pendatang, agar mereka lebih tertib dalam administrasi kependudukan," tuturnya, Rabu (10/7).

Sementara, Kasudin Dukcapil Jakarta Timur, Sukma Wijaya menambahkan, operasi Binduk Selasa (9/7) malam tadi merupakan ke enam yang dilakukan oleh pihaknya. Untuk kegiatan kali ini dipusatkan di RW 10 Kelurahan Ciracas.

Diterangkannya, sebelum melakukan Binduk, pihaknya mendata para pendatang di wilayah itu, selanjutnya baru dilakukan operasi Binduk untuk dibuatkan SKDS.

Rincian warga yang terlayani dalam Binduk tadi malam yaitu, 153 warga dibuatkan SKDS. Dari jumlah itu, 136 langsung tercetak dan 17 lainnya dalam proses, ditargetkan hari ini tuntas.

Kemudian 31 anak mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA), lima anak mendapatkan akta kelahiran, lima orang melakukan perekaman KTP-el.

"Selain itu, 16 warga mendapatkan KTP-el dan 23 orang mendapatkan Kartu Keluarga (KK)," tandasnya.

TOP