Ini Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tahun 2019

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 18 Juni 2019 20:05 WIB | Dibaca 1444 kali
Ini Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tahun 2019 (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengumumkan hasil seleksi Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019.

"Memberikan pelayanan terbaik, "

Hasil seleksi terbagi menjadi sembilan kategori yakni, Dokter, Dokter Gigi, Perawat, Bidan, Kefarmasian, Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Sanitarian, Laboratorium Medik, dan Nutrisionist.

Adapun penilaian hasil akhir penilaian Tenaga Kesehatan Teladan Tahun 2019 sebagai berikut;

Jakarta Selatan berhasil menyabet Juara 1 untuk Kategori Dokter, Dokter Gigi, Perawat, Bidan dan Sanitarian.

Untuk Juara 1 kategori Apoteker/TTK dari Jakarta Barat, Juara 1 kategori Penyuluh Kesehatan Masyarakat dari Jakarta Timur.

Kemudian, Juara 1 untuk kategori Pranata Laboratorium dari Jakarta Pusat, dan Juara 1 kategori Nutrisionist dari Jakarta Barat.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Ruspitawati mengatakan, untuk Juara 1 dari sembilan kategori tersebut akan diusulkan SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta sekaligus menerima Piagam Penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bertepatan dengan peringatan HUT ke-492 kota Jakarta pada 22 Juni 2019.

"Kami ingin memberikan semangat dan dukungan kepada mereka dengan adanya reward ini," kata Ani usai acara pengumuman  di Kantor Dinas Kesehatan, Jalan Kesehatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (18/6).

Ani menjelaskan, secara umum kriteria penilaian bagi tenaga kesehatan teladan berdasarkan kompetensi, kemampuan, inovasi, tes tulis, dan wawancara.

"Kami melihat juga mereka bagaimana berinteraksi bekerja sama, cara mereka berkomunikasi. Itu penting sekali bagi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," terangnya.

Ani menilai, para juara Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Provinsi DKI Jakarta harus inovatif dan implementatif. Terobosan yang dilakukan melalui program unggulan mereka masing-masing sederhana, tapi sangat bisa diaplikasikan.

Menurutnya, penghargaan tersebut dapat meningkatkan dan memotivasi para tenaga kesehatan di puskesmas bahwa profesi mereka sangat berarti.

"Kita ingin memiliki sumber daya manusia yang handal agar pelayanan kesehatan masyarakat berjalan optimal," ucapnya.

Sementara, Juara 1 Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Provinsi DKI Jakarta kategori Perawat dari Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan, Selvaning Oktania menuturkan, dirinya memperkenalkan program inovatif bernama 'Warung Abah Sehat' yang merupakan akronim dari 'Wajah Murung Aku Berubah Jadi Segar dan Hangat'.

"Program ini ditujukan bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) untuk meningkatkan kemandirian dan produktivitas mereka. Harapan saya semoga dapat menjadi motivasi teman-teman tenaga kesehatan untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik," tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan pra seleksi Tenaga Kesehatan di Puskesmas diawali dengan tes kebugaran dan mental pada Maret 2019 lalu. Kemudian, disusul pelaksanaan seleksi tahap Presentasi, FGD, dan Role Play yang diadakan April 2019.

TOP