14.775 Wisatawan Kunjungi PBB Setu Babakan

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Minggu, 09 Juni 2019 12:26 WIB | Dibaca 791 kali
14.775 Wisatawan Kunjungi PBB Setu Babakan (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jagakarsa, Jakarta Selatan masih menjadi alternatif destinasi wisata libur lebaran warga Jakarta dan sekitarnya.

"Target kita 10 ribu pengunjung, hari ini akan lebih dari enam ribu pengunjung, "

Ribuan warga memadati kawasan yang khusus melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi tersebut.

Kepala Sudin Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jakarta Selatan, Imron mengatakan, sejak Kamis (6/6) hingga Sabtu (8/6) jumlah pengunjung Setu Babakan mencapai 14.775 pengunjung. 

"Pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, di hari akhir libur Lebaran kenaikkan drastis jumlah pengunjung akan terjadi. Target kita 10 ribu pengunjung, khusus hari ini akan lebih dari enam ribu pengunjung," ujar Imron, Minggu (9/6).

Sementara itu Kepala UPK Setu Babakan, Rafiqoh Mustafa menambahkan, pihaknya mengerahkan 65 petugas kebersihan untuk menjaga kawasan PBB Setu Babakan tetap bersih. Ia pun mengimbau kepada pengunjung untuk menjaga ketertiban serta kebersihan.

"Pertunjukan Betawi seperti lenong, gambang kromong dan lain sebagainya juga akan ditampilkan hari ini," ucapnya.

Salah satu pengunjung dari Tanjung Priok, Laila (43) mengaku sengaja datang ke Setu Babakan untuk berwisata sekaligus mengenalkan budaya Betawi kepada cucunya.

"Saya kan orang Betawi jadi harus kenal budayanya secara nyata kepada cucu. Lagipula wisata di sini murah meriah, makanannya banyak yang enak," tandasnya.

Sekadar diketahui, kawasan PBB Setu Babakan dibuka mulai jam 06.00-18.00. Untuk museum dibuka mulai jam 09.00-16.00, dan pertunjukan akan dimulai jam 14.00-17.00.

TOP