Jakarta Fair Kemayoran Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 21 Mei 2019 07:06 WIB | Dibaca 727 kali
Jakarta Fair Kemayoran Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisatawan (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta berharap pelaksanaan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, dapat mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Akan banyak pementasan seni dan budaya di ajang JFK, "

JFK akan kembali digelar dalam rangka memperingati HUTke-492 Kota Jakarta dan berlangsung selama 40 hari mulai 22 Mei-30 Juni 2019. Pelaksanaan JFK tahun ini mengangkat tema "Jakarta Fair Indonesia Bersatu".

Kepala Bidang Seni dan Budaya Disparbud DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya mengatakan, pelaksanaan JFK sangat memiliki arti penting untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Akan banyak pementasan seni dan budaya di ajang JFK, kita berharap animo wisatawan yang datang ke penyelenggaraan pameran produk dan hiburan se-Asia Tenggara itu tinggi," ujarnya, Senin (20/5) malam.

Ia menambahkan, di ajang JFK rencananya akan dilakukan 29 pementasan seni budaya Betawi. Dalam pementasan itu, akan dilibatkan sanggar-sanggar dan seniman binaan baik dari tingkat provinsi, Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, maupun Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB).

"Tidak kalah penting, kita juga akan melibatkan seniman dari Pusat Pelatihan Seni Budaya atau PPSB dan komunitas-komunitas," terangnya.

Sementara, Marketing Director PT JIExpo Ralph Scheunemann menuturkan, pada tahun ini pihaknya telah menyiapkan inovasi dan terobosan baru seperti, arena lampion dan wahana salju untuk anak-anak bermain.

"Arena lampion itu akan menjadi spot yang menarik di malam hari, terutama untuk mereka yang hobi berfoto. Sementara, wahana salju kita sediakan untuk mereka yang datang ke JFK bersama putra-putrinya," ungkap Ralph.

Ralph menjelaskan, setiap hari nantinya di stan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan ditampilkan pementasan seni budaya Betawi.

"Jadi, kita menyiapkan dua panggung yakni, Panggung Utama dan Panggung Gambir. Panggung Utama itu untuk artis top Ibukota dan Panggung Gambir khusus untuk pementasan seni budaya daerah," tandasnya.

Untuk diketahui, JFK Tahun 2019 melibatkan 1.500 stan dari 2.700 perusahaan yang memamerkan berbagai produk unggulan dengan berbagai diskon. Mulai dari otomotif seperti mobil dan motor, teknologi informasi, komputer, alat olahraga, fesyen dan garmen, alat rumah tangga dan lain sebagainya.

Adapun jadwal operasional JFK Senin-Kamis pukul 15.30-22.00 dan Jumat pukul 15.30-23.00. Sedangkan, pada Sabtu-Minggu dan Hari Libur Nasional JFK buka pukul 10.00-23.00.

Sementara, menjelang Lebaran pada tanggal 30 Mei hingga 3 Juni 2019, JFK dibuka mulai pukul 10.00-23.00. Saat hari H Lebaran dibuka mulai pukul 14.00-23.00. Selanjutnya, untuk libur lebaran pada 6-9 Juni mulai pukul 10.00-23.00.

TOP