Pemkot Jaksel Terima Tim Verifikasi Lomba 10 Program Pokok PKK

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Selasa, 07 Mei 2019 19:28 WIB | Dibaca 463 kali
Pemkot Jaksel Terima Tim Verifikasi Lomba 10 Program Pokok PKK (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan menerima tim verifikasi Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Nasional 2019 di RT 05/05, Kelurahan Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan. Mereka juga meninjau salah satu kerajinan daur ulang dari karung goni.

"Potensi, daya dan karakter perempuan dapat menjadikan Program UP2K-PKK sebagai sebuah program unggulan, "

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengatakan, peran perempuan dalam pemberdayaan dan peningkatan Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga PKK (UP2K-PKK) dapat dijadikan sebagai basis implementasi pemberdayaan perempuan.

"Potensi, daya dan karakter perempuan dapat menjadikan Program UP2K-PKK sebagai sebuah program unggulan. Ini dapat dijadikan sebagai salah satu upaya menolong masyarakat, memberdayakan dan membangun masyarakat menjadi individu dan keluarga yang mandiri," ujarnya, saat memberikan sambutan Selasa (7/5).

Ia melihat bahwa UP2K yang dikembangkan di Kelurahan Menteng Atas ini sudah berbasis keluarga. Salah satunya Kelompok UP2K Cempaka 2 yang memiliki keunggulan dari segi aneka produk.

"Seperti memanfaatkan limbah karung goni yang tadinya tidak bernilai diolah menjadi aneka produk kerajinan yang memiliki estetika dan bernilai ekonomi tinggi," imbuhnya.

Tim Verifikasi Lapangan Lomba 10 Program PokokPoko Tingkat Nasional Tahun 2019, Irene Rosalinda mengatakan, telah melihat hasil produksi daur ulang dari para anggota PKK.

"Saya melihat ide-ide mereka sangat bagus. Mereka bisa memanfaatkan karung goni ini jadi produk bernilai, di tengah kesibukan mereka mengurus keluarga,” tandasnya.

TOP