78 Warga Marunda Disosialisasikan Cara Pemilahan Sampah

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 29 April 2019 14:32 WIB | Dibaca 371 kali
78 Warga Marunda Disosialisasikan Cara Pemilahan Sampah (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Sebanyak 78 warga Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, mengikuti sosialisasi dan pelatihan pemilahan sampah di RPTRA Sirih Kuning. Kegiatan ini merupakan kerjasama pihak pengelola RPTRA, kelurahan dan Suku Dinas Lingkungan Hidup.

"Materinya mulai dari aturan pengelolaan sampah sampai pelatihan daur ulang. "

Warga RT 06/11 Kelurahan Marunda, Ita mengatakan, dari pelatihan ini dirinya mendapat pemahaman tentang cara mengolah sampah botol plastik menjadi produk bernilai jual.

"Kita juga diberikan pemahaman bagaimana susahnya mengurus limbah plastik. Ibu-ibu jadi tidak mau lagi pakai kantong plastik," katanya, Senin (29/4).

Ita menjelaskan, dalam pelatihan mengolah sampah botol plastik narasumber mengajak peserta untuk praktek langsung. Di antaranya, mereka dilatih membuat bunga, lampu dan lampion dari botol plastik.

Lurah Marunda, Suparman mengatakan, pelatihan diikuti peserta dari RW 07, 10 dan RW 11 yang dilaksanakan dari pagi hingga siang hari.

"Materinya mulai dari aturan pengelolaan sampah sampai pelatihan daur ulang. Mudah-mudahan bisa diaplikasikan warga," tandasnya.

TOP